Rumah Mewah di Pondok Indah Banyak Dijual, Harganya Bikin Melongo

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 08 Jul 2021 16:48 WIB
Rumah Mewah Dijual di Pondok Indah, Jakarta Selatan
Rumah Mewah Dijual di Pondok Indah, Jakarta Selatan/Foto: Sylke Febrina/detikFinance
Jakarta -

Banyak rumah mewah di kawasan Pondok Indah hingga Menteng dijual di tengah pandemi COVID-19. Sebelumnya di situs agen properti rumah-rumah mewah dijual dengan potongan harga yang besar.

Salah satu agen properti Era, Imam Sofari mengungkapkan memang harga properti saat ini sedang turun. Namun hal ini juga tergantung dengan lokasinya yang premium atau biasa.

Dia mencontohkan untuk kawasan Pondok Indah di wilayah Kencana Indah harganya di bawah Rp 50 juta per meter. Tapi untuk yang sedang transaksi biasanya mendekati NJOP sekitar Rp 29 juta.

"Untuk yang premium itu yang agak sepi tidak bising dan ramai kendaraan itu sekitar Rp 40-45 juta per meter," kata dia kepada detikcom, Kamis (8/7/2021).

Imam menyebutkan untuk rumah mewah di Jalan Kartika Utama dekat Gedung Pinang di kisaran Rp 35-37 juta per meter. Namun harga rumah juga tergantung kondisi bangunan. Jika kondisinya masih bagus maka bisa dihitung lebih tinggi dengan harga tanahnya.

Untuk harga rumah yang dia jual di Kencana Indah dibuka penawaran Rp 47 miliar dan masih bisa negosiasi. Menurut Imam, untuk pajak rumah biasanya tergantung dari NJOP dan lokasinya rumah tersebut.

Imam menjelaskan di masa pandemi ini, biasanya orang yang mau membeli akan menawar sampai harganya miring. Hal ini membuat proses kesepakatan menjadi lebih sulit.

Lihat juga video 'Bantu Pasien COVID-19, Annisa Bahar Lelang Rumahnya Seharga Rp 4 M':

[Gambas:Video 20detik]



(kil/ara)