Lokasi, Harga, dan Cara Cek Saldo Tabungan KPR PNS di Tapera

Siti Fatimah - detikFinance
Jumat, 13 Agu 2021 07:40 WIB
KPR Tapera
Ilustrasi/Foto: KPR Tapera (Tim Infografis Fuad Hasim)
Jakarta -

Kini Pegawai Negeri Sipil (PNS) dapat mengajukan rumah berskema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang dikelola oleh Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera). Selain itu, beberapa layanan pun disediakan untuk mempermudah peserta mengecek saldo tabungan KPR.

Sekedar informasi, BP Tapera di tahap awal menyiapkan sebanyak 233 unit dan sudah 3,9 juta PNS yang sudah terdaftar dalam program tersebut. Sampai saat ini, peserta awal merupakan PNS aktif limpahan dari eks Bapertarum.

Berikut info selengkapnya:

1. Lokasi Perumahan

Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana Tapera, Eko Ariantoro mengkonfirmasi, lokasi perumahan KPR bagi PNS tersebut berlokasi di Lampung dengan nama Samesta Pesawaran Residence.

"Untuk Samesta Pesawaran Residence berlokasi di Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung, lokasinya tidak jauh dari Ibu Kota Bandar Lampung (kurang lebih 20 menit berkendara)," kata Eko kepada detikcom, Kamis (12/8/2021).

Lampung dipilih bukan tanpa alasan, Direktur Utama Perum Perumnas, Budi Saddewa Soediro mengatakan, berdasarkan research internal Perumnas, backlog Pulau Sumatera menduduki peringkat kedua setelah Pulau Jawa. Ini menandakan potensi market untuk segmen menengah ke bawah di Pulau Sumatera cukup tinggi.

"Ke depannya kami akan membangun proyek-proyek strategis berdasarkan serapan pasar di area tersebut," kata Budi.