Lagi Pandemi Mau Cari Rumah Murah? Ada Pameran Properti Virtual Nih

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 22 Agu 2021 11:16 WIB
Bank Indonesia (BI) siap mengeluarkan ketentuan baru Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kepemilikan Apartemen (KPA), termasuk besaran loan to value atau uang muka. Hal tersebut merupakan dampak dari naiknya BI Rate.
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Mau cari rumah takut karena pandemi COVID-19? Jangan khawatir, ada pameran rumah bersubsidi yang digelar secara virtual. Sebanyak 400 pengembang perumahan dan 40 bank pelaksana dalam pameran kali ini.

Pameran rumah bersubsidi sudah dimulai sejak 20 Agustus 2021 sampai 31 Agustus 2021 mendatang. Kegiatan ini juga untuk memperingati Hari Perumahan Nasional (Hapernas) Tahun 2021.

"Pada Peringatan Hapernas ini kami ingin agar masyarakat bisa mendapatkan informasi terkait berbagai program perumahan di masa pandemi ini lewat pameran perumahan secara online," kata Ketua Panitia Hapernas Virtual Expo 2021 Anisa Putri Adam dalam keterangan tertulis dikutip detikcom, Minggu (22/8/2021).

Masyarakat dapat mengakses berbagai informasi terkait rumah bersubsidi dan pembiayaan perumahan serta melaksanakan akad kredit melalui laman www.hapernas2021.com. Di sana terdapat stan pameran dalam bentuk desain 3D dan fitur interaktif melalui WhatsApp untuk memudahkan komunikasi antara pengunjung dan petugas meskipun hanya di rumah saja.

Sebanyak 40 bank yang berpartisipasi pada kegiatan kali ini adalah BTN dan BTN Syariah, BNI, BRI, Syariah Indonesia, Mandiri, BRI Agro, Bank Artha Graha, BJB, BPD Sumsel Babel, BPD Sumsel Babel Syariah, BPD NTB Syariah, BPD Jatim, BPD Jatim Syariah, BPD Sumut, BPD Sumut Syariah, BPD NTT, BPD Kalbar, BPD Kalbar Syariah, BPD Nagari.

Ada juga BPD Nagari Syariah, BPD Aceh Syariah, BPD Riau Kepri, BPD Riau Kepri Syariah, BPD Jambi, BPD Jambi Syariah, BPD DIY, BPD Kalsel, BPD Kalsel Syariah, BPD Sulselbar, BPD Sulselbar Syariah, BPD Jateng, BPD Jateng Syariah, BPD Sulteng, BPD Kaltim Tara, BPD Kalteng, BPD Papua, BPD SulutGo, BJB Syariah dan BPD DKI. Masing-masing bank tersebut akan membawa 10 pengembang perumahan binaannya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang membuka kegiatan Hapernas Virtual Expo 2021 mengatakan, pandemi COVID-19 tidak menyurutkan semangat para pelaku perumahan di Indonesia untuk membangun rumah bagi masyarakat. Sektor properti Indonesia hingga saat ini diklaim tetap tumbuh.

"Kami yakin sektor properti akan terus tumbuh dan tangguh menghadapi pandemi ini," terangnya.

(aid/zlf)