Pandemi COVID-19 Jadi Alasan HERO Jual IKEA Sentul City Rp 280 M

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 02 Sep 2021 05:30 WIB
Ada ulat di dalam hidangan nasi, Ikea dihukum denda
Foto: BBC Magazine
Jakarta -

IKEA Sentul City di Bogor tiba-tiba dijual. PT Hero Supermarket Tbk (HERO) selaku pemilik membanderolnya Rp 280 miliar.

Dalam keterbukaan informasi yang dikutip, Rabu (1/9/2021), HERO menjual asetnya itu kepada PT Archipelago Development (APD). Transaksi itu pun sudah disepakati oleh keduanya.

Namun transaksi sebenarnya merupakan transaksi jual beli yang bersifat afiliasi. Sebab, HERO dan APD memiliki pemegang saham yang sama yakni Mulgrave Corporation B.V dan The Dairy Farm Company Ltd.

Di Hero Mulgrave Corporation memegang saham 63,59% dan The Dairy Farm Company memegang 25,71%, sisanya dimiliki PT Hero Pusaka Sejati 2,68% dan tersebar di masyarakat 8,05. Sementara di APD sahamnya hanya dimiliki oleh Mulgrave Corporation sebanyak 25% dan the Dairy Farm Company sebesar 75%.

Manajemen HERO menjelaskan latar belakang perusahaan menjual IKEA Sentul City, salah satunya karena perusahaan tengah menghadapi masa sulit akibat pandemi COVID-19. Posisi neraca keuangan HERO juga telah menurun secara signifikan selama 12 bulan terakhir dengan membukukan posisi kas bersih sebesar Rp 168 miliar pada 31 Desember 2020 dan selanjutnya melaporkan posisi utang bersih sebesar Rp 463 miliar pada 31 Desember 2020.

HERO juga sudah mengumumkan bahwa perusahaan akan fokus meningkatkan investasinya di IKEA, Guardian, dan Hero Supermarket setelah memutuskan untuk menutup semua jaringan Giant.

Untuk IKEA Sentul City saat ini disewakan kepada anak perusahaan HERO, yakni RUMAH melalui perjanjian sewa-menyewa. Setelah melalui negosiasi, akhirnya perusahaan menjual IKEA Sentul City kepada APD yang akan disewakan lagi kepada RUMAH.

"Transaksi ini akan memberikan perseroan kemampuan untuk memonetisasi aset yang tidak likuid dengan nilai pasar wajar dan memberikan fleksibilitas neraca tambahan kepada Perseroan," tulis manajemen.

Hasil dari transaksi afiliasi ini akan digunakan HERO untuk mengurangi fasilitas pinjaman dan mendukung kebutuhan modal kerja dan operasional perseroan, sehingga diharapkan bisa memberikan dampak positif terhadap kondisi keuangan perseroan yang diciptakan oleh pembayaran utang serta memberikan perseroan fleksibilitas keuangan untuk mendukung inisiatif pertumbuhan di masa depan.

Perseroan diharapkan bisa membukukan pendapatan dari penjualan aset IKEA Sentul City yang akan meningkatkan nilai buku ekuitas di neraca perseroan.

(das/ara)