Rumah Tapak Masih Diburu, Ciputra Ramal Masih Ramai Pascapandemi

Jihaan Khoirunnisaa - detikFinance
Sabtu, 04 Sep 2021 14:39 WIB
Foto Aktual Mal Ciputra Tangerang di CitraRaya
Foto: dok. CitraRaya Tangerang
Jakarta -

Sektor properti mampu bertahan di tengah pandemi COVID-19, bahkan diproyeksikan akan terus bertumbuh. Selama masa pandemi, rumah tapak atau landed house menjadi produk yang paling dicari masyarakat.

Dalam pembukaan Ciputra Festival 4.0 secara virtual, Direktur Utama PT Ciputra Development Tbk (CTRA) Candra Ciputra mengatakan rumah tapak sudah menjadi primadona masyarakat, bahkan sejak sebelum Indonesia dilanda pandemi COVID-19.

"Sebelum pandemi, landed house sudah mendominasi dari segi penjualan. Tergantung daerahnya, tapi maksimum di daerah yang paling baik itu (harganya) di bawah Rp 2 miliar. Tapi rata-rata di bawah Rp 1 miliar itu yang paling bagus," ujarnya, Sabtu (4/9/2021).

Candra menjelaskan selama pandemi masyarakat cenderung tidak ingin berkerumun. Sehingga mereka lebih memilih rumah tapak ketimbang apartemen. Ia memprediksi tren dominasi rumah tapak ini masih akan berlangsung hingga pascapandemi.

"Di masa pandemi ini, orang ada tendensi tidak mau bersatu di 1 lobi. Jadi landed house masih akan mendominasi ke depan. Ciputra Group dalam hal ini dasarnya landed house property developer, jadi ke depan akan terus didominasi. Sampai pandemi selesai pun masih akan mendominasi. Meski kondominium mulai hidup lagi," terangnya.

Senada, Managing Director PT Ciputra Development Tbk Budiarsa Sastrawinata menambahkan rumah tapak juga menjadi pilihan yang banyak diburu. Adapun salah satu alasannya karena memiliki ruang terbuka hijau.

"Memang dulunya mau nggak mau (orang) mengusahakan untuk beli rumah tapak. Nah sekarang kembali ke rumah tapak. Meski lokasinya lebih jauh, tapi bisa dapat luasan bangunan yang lebih. Ditambah lagi ada kebun/taman," katanya.

Selain, Budiarsa menyebut pertimbangan lain memilih landed karena ketersediaan ruang yang lebih luas. Mengingat di masa pandemi banyak kantor yang menerapkan sistem work from home (WFH), sehingga dibutuhkan ruangan ekstra agar dapat bekerja optimal.

"Kalau ruangan tentu secara otomatis, dengan adanya work from home dibutuhkan ruang ekstra. Biasanya memang orang kalau beli dia kalau butuh ruangan 2, biasanya beli (rumah) yang (ada) 3 ruangan. Jadi ruangan ekstra itu bisa dipakai untuk bekerja. Saya rasa betul, minat kembali ke rumah nyata selama pandemi," tuturnya.

Diungkapkannya, rumah tapak berkontribusi sebesar 79% dari marketing sales Ciputra di semester I tahun 2021 dengan besaran sekitar Rp 2,8 triliun dari total Rp 3,5 triliun. Sebagai perbandingan, sumbangan landed residential terhadap total penjualan properti Ciputra sepanjang 2020 yakni sebesar 90%.

"Sampai Juni (2021) penjualan kita sudah mencapai Rp 3,5 triliun, dari target Rp 5,87 triliun. 6 bulan kita sudah mencapai Rp 3,5 triliun, jadi kurangnya tinggal Rp 2,3 triliun. Kita yakin bisa tercapai bahkan kelihatannya lebih," paparnya.

Lebih lanjut Ketua Badan Pengembangan Properti Terpadu KADIN ini mengatakan hingga Juni 2021 realisasi penjualan properti Ciputra Group berhasil mencapai 60 persen dari target. Keberhasilan penjualan ini dinilainya tidak terlepas dari adanya insentif PPN yang diberikan pemerintah. Selain itu juga karena berbagai upaya digitalisasi di semua lini perusahaan, termasuk digitalisasi untuk mempermudah penjualan properti secara online.

Sebagai informasi, Ciputra Festival 4.0 digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-40 Ciputra Group. Acara ini akan berlangsung selama 4 bulan hingga 31 Desember 2021 mendatang, dengan menghadirkan beragam promo menarik dan kegiatan webinar inspiratif.

Dalam menyelenggarakan acara Ciputra Festival 4.0, Ciputra Group turut menggandeng 14 mitra perbankan untuk memberikan kemudahan akses pembiayaan properti melalui layanan diskon uang muka (down payment) mulai 4 persen, bunga KPR fixed 4,40 persen selama 3 tahun serta bebas biaya administrasi dan provisi KPR.

Selain promo dari mitra perbankan, Ciputra Group juga turut menghadirkan beragam program menarik antara lain diskon untuk medical check-up serta tindakan kesehatan lainnya di rumah sakit dan klinik Grup Ciputra, penawaran bundling asuransi jiwa dengan cashback dari Ciputra Life. Ada pula penawaran beasiswa berprestasi, diskon dana pengembangan pendidikan, serta bebas biaya pendaftaran untuk tahun ajaran 2022/2023 oleh unit pendidikan yang bernaung di bawah Grup Ciputra.

(prf/hns)