d'House Hunter

Nyari Rumah? Cek ke Ciracas, Ini Sederet Fasilitasnya

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 08 Sep 2021 08:00 WIB
LRT City Ciracas
Ilustrasi Kawasan Pemukiman di Circas
Jakarta -

Ciracas bisa menjadi lokasi target untuk mencari rumah di Ibu Kota Jakarta. d'House Hunter merekomendasikan salah satu kecamatan di wilayah Jakarta Timur ini karena memiliki sederet fasilitas yang mumpuni menunjang kehidupan sehari-hari.

Hal pertama tentunya adalah askes. Ada banyak cara untuk menuju Ciracas dari segala penjuru Jakarta dan sekitarnya.

Menuju Ciracas bisa melalui tol Jakarta Outer Ring Road (JORR). Ada 2 akses masuk dan keluar tol. Dari tol ini ke pusat kecamatan Ciracas hanya 5 menit.

Tak hanya tol, Ciracas juga sangat dekat dengan Terminal Kampung Rambutan. Jarak dari terminal ke pusar Ciracas hanya sekitar 10 menit menggunakan kendaraan.

Ciracas juga punya transportasi umum yang paling baru yakni LRT. Bahkan pihak LRT membangun stasiun di Ciracas.

Di Ciracas juga terdapat beberapa rumah sakit, ada RS Harapan Bunda, Rs Ketergantungan Obat dan RS Jantung Binawaluya.

Untuk pendidikan di Ciracas juga cukup banyak sekolah. Selain sekolah negeri ada juga SMA Islam Al Azhar, SMA PKP Jakarta Islamic School, SD Advent Ciracas, Chartar Buana Senior High School, SD Islam Baiturrahman, SMK Bina Nusa Mandiri dan masih banyak lagi.

Untuk belanja kebutuhan sehari-hari di Ciracas juga berlimpah. Mulai dari supermarket, mini market hingga pasar tradisional. Ada Naga Swalayan hingga Lotte Mart, untuk pasar tradisional ada Pasar Rebo Cijantung.

Nah sedangkan untuk pusat perbelanjaan dan tempat rekreasi Ciracas juga dekat dengan Transtudio Cibubur, Cibubur Junction. Jaraknya juga tak jauh dari Tamini Square dan Taman Mini Indonesia Indah.

Budi salah satu warga Ciracas yang sudah tinggal sejak 1996 mengaku cukup nyaman tinggal di wilayah itu. Salah satunya adalah lokasi dan fasilitas yang menunjangnya.

"Lokasinya timur-selatan Jakarta. Akses ke tengah kota mudah, transportasi publik banyak, akses jalanan besar," ucapnya kepada detikcom.

Tak hanya itu, menurutnya Ciracas memiliki kelebihan suasana yang asri. Memang ketika kami menelusuri Ciracas, kawasan ini masih banyak dihiasi peohonan rindang. Kontur tanahnya juga masih naik turun, membuat kawasan ini menambah suasan adem.

Meski pun jalanannya di Ciracas tidak begitu besar. Kebanyakan jalan di Ciracas hanya cukup 2 mobil. Meski begitu kondisi jalan terbilang baik. Setelah berkeliling, kami jarang menemukan jalan rusak di Ciracas.

Memang untuk jalanan utama di Ciracas tidak begitu besar. Kebanyakan jalan di Ciracas hanya cukup 2 mobil. Meski begitu kondisi jalan terbilang baik. Setelah berkeliling, kami jarang menemukan jalan rusak di Ciracas.

d'House Hunter adalah program baru detikcom yang bakal menyajikan informasi lengkap dan mendalam soal potensi industri properti di satu wilayah.

Program ini juga ditujukan untuk membantu para pembaca detikcom yang sedang berburu hunian baik untuk ditinggali maupun untuk investasi. Ulasan mulai dari ada perumahan apa saja di wilayah tersebut, apa saja fasilitas pendukungnya, hingga harga rata-rata tanah/rumah di sana, dan lain-lain.

Selanjutnya, deretan artikel d'House Hunter ini akan terbit secara rutin di akhir pekan. Bagi pembaca yang punya ide atau usulan kawasan yang ingin diulas, bisa kirim email ke redaksi@detikfinance.com dengan subject d'House Hunter. Jangal lupa, beri penjelasan kenapa wilayah tersebut layak untuk diulas.

(das/dna)