BUMN 'Sakit' Ini Bangun Kantor Pemerintahan-Hotel, Bisa Sembuh Dong?

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 14 Sep 2021 18:30 WIB
Sejumlah tamu beraktivitas di dekat logo baru Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/7/2020). Kementerian BUMN meluncurkan logo baru pada Rabu (1/7) yang menjadi simbolisasi dari visi dan misi kementerian maupun seluruh BUMN dalam menatap era kekinian yang penuh tantangan sekaligus kesempatan. ANATAR FOTO/Aprillio Akbar/nz
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Jakarta -

PT Istaka Karya (Persero) merupakan salah satu BUMN sakit yang tengah menjadi pasien PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) atau PPA. Perusahaan ini mengalami segudang masalah mulai dari kas seret hingga menghadapi PKPU.

Namun BUMN ini justru mengumumkan telah mendapatkan beberapa proyek baru. Bulan lalu perusahaan memperoleh kontrak pekerjaan proyek pembangunan gedung Kantor Pemerintahan Terpadu, Kabupaten Brebes.

Lalu yang terbaru Istaka Karya mendapat kontrak pekerjaan proyek pembangunan Hotel Luminor Signature Sumenep, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur.

Penandatanganan Kontrak telah dilakukan pada tanggal 23 Agustus 2021 oleh perwakilan dari masing-masing pihak, yaitu Yudi Priyono mewakili Istaka Karya selaku Kepala Divisi Operasi dengan S.D. Hasyim, Direktur Cahaya Timur Madura sebagai pemilik proyek.

Hotel Luminor Signature adalah hotel bintang empat yang terdiri atas empat lantai dengan luas bangunan 11.100 meter2 dengan nilai konstruksi sebesar Rp 104 miliar. Saat ini pengerjaan pembangunan sudah dimulai.

Rencananya pembangunan Hotel Luminor dikerjakan selama 12 bulan, dibagi dalam dua tahap pekerjaan, tahap awal adalah pekerjaan pondasi dan struktur, dan tahap selanjutnya adalah pekerjaan arsitektur.

Direktur Operasi PT Istaka Karya Y. Widi Suharyanto menyatakan komitmennya tetap menjaga mutu dalam pelaksanaan konstruksi sesuai spesifikasi yang ditentukan dan akan menyelesaikan kontrak pekerjaan secara tepat waktu.

"Diharapkan kerja sama pembangunan Hotel Luminor Signature Sumenep ini dapat menunjang potensi wisata di daerah Sumenep dan sekitarnya," tuturnya dalam keterangan resmi, Selasa (14/9/2021).

Hotel Luminor Signature Sumenep yang terdiri atas empat lantai akan ditopang oleh pondasi tiang pancang square pile dimensi 300x300 mm dan 250x250 mm dengan mutu beton K-500 yang akan dipancangkan dengan kedalaman rencana 33 m. Sedangkan untuk pekerjaan upper struktur berupa pekerjaan beton bertulang.

Lihat juga video 'Petrokimia Gresik Siap Suplai Oksigen Untuk Penanganan Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(das/ara)