Erick Thohir Cari Hari Baik Pamerkan Relief Sarinah Peninggalan Soekarno

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 28 Sep 2021 16:12 WIB
Erick Thohir Tinjau Renovasi Gedung Sarinah
Foto: Danang Sugianto
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir memastikan bahwa gedung Sarinah akan kembali dibuka pada Maret 2022. Namun di sela waktu itu, Erick akan memamerkan relief yang sempat heboh yang ada di gedung tersebut.

Namun Erick masih belum menentukan kapan relief itu akan dipamerkan ke publik. Dia mengaku masih menunggu hari baik.

"Tentu yang kita tunggu-tunggu nanti hasil dari pada reliefnya yang diperbaiki. Tadi saya sudah cek, bagus, cuma kita tunggu kapan hari terbaik untuk kita memamerkan relief itu," tuturnya di proyek gedung Sarinah, Jakarta, Selasa (28/9/2021).

Seperti diketahui beberapa waktu lalu sempat bocor ke publik terkait informasi adanya relief bersejarah di gedung Sarinah. Padahal relief itu akan menjadi kejutan dan dipamerkan pada saat renovasi selesai.

Relief itu merupakan peninggalan dari era Presiden Soekarno. Relief itu sebenarnya sudah ada sejak gedung Sarinah diresmikan pertama kali oleh Soekarno pada tahun 1960-an.

Saat itu relief tersebut ditempatkan secara terbuka. Namun, pada saat gedung direnovasi dan mengubah layout, relief itu ditutup karena tidak sesuai dengan layout saat ini, sehingga keberadaan relief tersebut sudah lama tidak diketahui oleh masyarakat luas.

Erick sendiri mengaku sudah 3 kali mengunjungi proyek renovasi gedung Sarinah. Erick getol mengecek proyek tersebut karena juga tak sabar menantikan pembukaan gedung Sarinah dengan tubuh yang baru.

"Saya sudah hadir di sini 3 kali, Pak Wamen 1 kali. Progresnya sangat bagus, yang kita rencanakan memang awalnya di bulan Agustus, cuma karena ada situasi pandemi, kita putuskan nanti untuk pembukaannya di bulan Maret tahun depan," ucapnya.

Erick menegaskan gedung Sarinah dipugar dengan tetap menjaga konstruksi gedung. Meski begitu dia menjamin kenyamanan gedung Sarinah akan berubah total.

(das/eds)