Milenial Gaji Rp 8 Juta Punya Rumah Bukan Cuma Mimpi, Ini Syaratnya Lho!

Siti Fatimah - detikFinance
Rabu, 29 Sep 2021 12:39 WIB
Bank Indonesia (BI) siap mengeluarkan ketentuan baru Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kepemilikan Apartemen (KPA), termasuk besaran loan to value atau uang muka. Hal tersebut merupakan dampak dari naiknya BI Rate.
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Generasi milenial harus mempertimbangkan untuk memiliki rumah. Berdasarkan data Kementerian PUPR ada 11 juta orang yang belum punya rumah.

Kendalanya terdapat pada ketersediaan lahan, minimnya kemampuan membayar uang muka, dan cicilan kredit rumah. Inilah saatnya bagi generasi milenial untuk menyiapkan diri untuk memiliki rumah pertama.

Kapan waktu yang tepat mencicil KPR bagi generasi milenial?

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Herry Trisaputra Zuna mengatakan waktu yang tepat untuk membeli rumah adalah saat ini. Menurutnya, harga rumah tiap tahun naik dan jangan menunggu memiliki tabungan untuk membeli rumah.

"Kalau ditanya kapan sebaiknya membeli rumah? Beli lah hari ini karena harga rumah terus meningkat sementara tabungan kalah cepat tabungannya. Jadi jangan pernah berfikir nabung terlebih dahulu baru membeli rumah, membeli rumah sambil menabung," kata Herry dalam acara bertajuk 'Tren Properti Incaran Milenial, Cara Mudah Punya Rumah' secara virtual, Rabu (29/9/2021).

Caranya bagaimana? Herry mengatakan saat ini pemerintah menyediakan berbagai subsidi seperti salah satunya FLPP, dukungan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan bagi milenial MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) di bawah Rp 8 juta.

Program tersebut juga akan tersedia di 2022 dengan target 200 ribu ditambah fasilitas BP Tapera. Cara mengaksesnya melalui aplikasi Sikasep.

"Artinya proses pembelian rumahnya sudah lebih sederhana bisa dilakukan melalui aplikasi sehingga dengan kemudahan-kemudahan ini semua milenial harapannya, seperti filosofi keong semua anaknya dikasih rumah," ujarnya.

Berlanjut ke halaman berikutnya.