Mau Jadi Tetangga Raffi Ahmad, Prospek Propertinya Gimana?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 03 Okt 2021 19:35 WIB
Rumah Mewah Punya Orang Kaya Banyak Dijual
Foto: Rumah Mewah Punya Orang Kaya Banyak Dijual (Denny Pratama/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah rumah di kawasan Andara, Cinere, Depok sedang diobral. Kawasan ini merupakan kawasan tempat artis Raffi Ahmad tinggal atau biasa disebut Sultan Andara.

Menurut Ketua DPD Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) DKI Jakarta, Clement Francis kawasan ini memiliki prospek yang baik. Sebab, wilayah ini terhubung dengan tol.

"Karena kalau kita lihat di pintu Andara ada pintu tol. Itu salah satu penunjang yang di mana itu akan menyambungkan selatan sampai ke barat, sampai ke Sawangan, ke Depok, sampai ke Pemulang. Itu salah satu value properti juga akan naik, tapi kan dengan kondisi saat ini kita tidak bisa melihat ke sana," katanya kepada detikcom, Minggu (3/10/2021).

Dia mengatakan, harga properti di wilayah tersebut akan naik sejalan dengan jalannya perekonomian. Menurutnya, kunci daripada properti adalah pertumbuhan ekonomi.

"Kalau saya bilang bahwa kalau mau naik setelah ekonomi jalan. Kunci faktor properti naik itu adalah kalau ada pertumbuhan ekonomi. Maka daya beli akan naik," ujarnya,

Lanjutnya, harga tanah di wilayah tersebut variatif, dari Rp 10 juta, Rp 11 juta hingga Rp 12 juta per m2. Sementara, jika melihat nilai jual objek pajak (NJOP) sekitar Rp 7 juta hingga Rp 8 juta.

Meski demikian, dia menuturkan, terpenting saat ini adalah adanya pembeli dahulu. Kondisi saat ini, lebih banyak penjual daripada pembeli.

"Tetapi apakah ada respon buyer, kita tidak bisa melihat dari arah sana, bagaimana respons ada pembeli dulu, suka dulu, kalau ada pembeli ya artinya kan itu ada penawaran," katanya.

"Pasti tidak bisa mengikuti market, kalau saat ini mengikuti daya beli dulu," sambungnya.

Saksikan juga:Frans Sanjaya, Youtuber Spesialis Action Figure Jutaan Rupiah

[Gambas:Video 20detik]



(acd/dna)