Duh Bisnis Properti Lesu: Banyak Orang WFH, Gedung Kantor Tak Laku

Siti Fatimah - detikFinance
Rabu, 06 Okt 2021 13:43 WIB
Suasana gedung perkantoran di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (5/4/2019).
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Di penghujung kuartal III-2021, bisnis properti untuk gedung perkantoran, apartemen, hingga perumahan mengalami penurunan yang signifikan. Senior Associate Director Research Colliers International Indonesia, Ferry Salanto mengatakan, sektor properti turut terpukul dengan adanya gelombang kedua COVID-19 yang ujungnya ada kebijakan baru PPKM darurat dan berlevel.

"Properti benar-benar terpukul, artinya memang penjualan turun dan kita sudah tahu beberapa bulan di awal 2021 ini penjualan menurun dan ditambah second wave ini di awal Juli benar-benar memukul sektor properti," kata Ferry dalam media briefing secara virtual, Rabu (6/10/2021).

Dia mengatakan, untuk gedung perkantoran sampai penghujung tahun 2021 tidak akan ada pergerakan harga karena memang belum terlalu aktif untuk kegiatan perkantoran. Sama halnya dengan apartemen, stok apartemen hingga saat ini ada sekitar 2.107 unit namun penjualannya masih belum memuaskan.

"Harga jual apartemen selama 2 tahun terakhir kita hitung dari q3 2019 sampai q3 2021 itu 2 tahun nggak ada pergerakan yang signifikan. Jadi dilihat dari 2019 ke 2020 juga naiknya sangat-sangat tipis, dari 2020 ke 2021 juga praktis tidak ada proyek-proyek yang menyesuaikan harga jadi memang harganya flat, tidak bergerak," ujarnya.

Penjualan rumah pun demikian, apalagi dengan munculnya fenomena rumah mewah dijual murah. Senior Associate Director Residential Tenant Representation Colliers International Indonesia, Lenny Sinaga menambahkan, orang kaya jual properti sudah terjadi sejak tahun lalu.

"Sebenarnya dari tahun lalu sudah kita lihat ini sudah berlangsung fenomena ini tapi sempat off kemudian belakangan 2-3 bulan on lagi dan memang daerah yang banyak kita lihat itu daerah eksklusif seperti Pondok Indah, Permata hijau, memang daerah-daerah yang tanah dan harga jualnya mahal dulu dan itu dropnya lumayan jauh," kata Lenny.



Simak Video "KuTips: WFH Bebas Pegal, Coba Posisi Duduk Ini Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)