Ini Detail Lokasi Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 14 Okt 2021 16:11 WIB
Pemerintah berencana memindahkan ibu kota ke luar Jawa
Foto: Zaki Alfarabi/Infografis detikcom
Jakarta -

Detail lokasi calon ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim) diungkap di dalam Rancangan Undang-undang Ibu Kota Negara (RUU IKN). Surat presiden (supres) yang melampiri draf RUU IKN telah diserahkan pemerintah kepada DPR RI.

Berdasarkan draf RUU IKN yang diterima detikcom, IKN di Kaltim meliputi wilayah total seluas kurang lebih 256.142 hektar. Di Pasal 6 dijelaskan batas-batas wilayah ibu kota baru.

"Sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara, Teluk Balikpapan, Kecamatan Balikpapan Barat, Kecamatan Balikpapan Utara, dan Kecamatan Balikpapan Timur Kota Balikpapan," bunyi Pasal 6 ayat 1 huruf a dikutip detikcom, Kamis (14/10/2021).

Kemudian sebelah barat, disebutkan dalam huruf b, berbatasan dengan Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara.

Huruf b menyebutkan sebelah utara IKN berbatasan dengan Kecamatan Loa Kulu, Kecamatan Loa Janan dan Kecamatan Sanga-Sanga Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Sebelah timur berbatasan dengan Selat Makassar," bunyi huruf d.

Wilayah IKN yang dimaksud pada ayat 1 seluas 256.142 hektar meliputi kawasan IKN seluas kurang lebih 56.180 hektar, termasuk kawasan inti pusat pemerintahan dengan luas wilayah yang disesuaikan dengan Rencana Induk IKN dan Rencana Tata Ruang KSN IKN. Selanjutnya ada kawasan pengembangan IKN seluas kurang lebih 199.962 hektar

"Cakupan dan batas wilayah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tercantum dalam Lampiran Peta Delineasi KSN IKN yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Undang-Undang ini dan ditetapkan sebagai KSN IKN," bunyi Pasal 6 ayat 4.

Lihat juga video 'Jokowi Berencana Serahkan Surpres RUU Ibu Kota Baru ke DPR':

[Gambas:Video 20detik]



(toy/eds)