Minat Milenial Punya Rumah Kian Tinggi Meski Pandemi, Pasokannya Ada?

Tim Detikcom - detikFinance
Rabu, 03 Nov 2021 13:46 WIB
Pameran Indonesia Property Expo (IPEX) sukses digelar. Sebanyak 600 rumah ditawarkan. Pameran ini juga diikuti lebih dari 167 pengembang.
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Generasi milenial mulai berburu rumah. Di tengah pandemi yang mulai melandai dan era new normal yang sudah diadaptasi, generasi milenial sudah mulai sadar pentingnya memiliki rumah sendiri.

Sebuah survey menunjukkan bahwa separuh milenial di kota besar sudah berencana memiliki rumah di usia 30 tahunan. Pengembang perumahan juga mengamini fenomena ini. Milenial saat ini dinilai menjadi pasar yang sangat potensial.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Herry Trisaputra Zuna sempat mengatakan, waktu yang tepat untuk membeli rumah adalah saat ini. Menurutnya, harga rumah tiap tahun naik dan jangan menunggu memiliki tabungan untuk membeli rumah.

"Kalau ditanya kapan sebaiknya membeli rumah? Beli lah hari ini karena harga rumah terus meningkat sementara tabungan kalah cepat tabungannya. Jadi jangan pernah berfikir nabung terlebih dahulu baru membeli rumah, membeli rumah sambil menabung," kata Herry beberapa waktu lalu.

Peluang ini ditangkap oleh para pengembang dengan menggenjot supply hunian untuk milenial. Paramount Petals, misalnya, mulai menjual klaster kedua, yaitu Canna. Masih menyasar milenial sebagai target pasar, Canna dibanderol dengan harga mulai dari 700 jutaan.

"Canna dikelilingi berbagai fasilitas kota yang lengkap, yaitu fasilitas kesehatan, pendidikan, pusat kuliner, pusat hiburan, fasilitas komersial, dan lainnya. Penghuni dapat menikmati one-stop living tanpa harus menempuh perjalanan jauh untuk memenuhi kebutuhannya," papar Direktur Paramount Land M. Nawawi dalam keterangan, Rabu (3/11/2021).

M. Nawawi menjelaskan bahwa Paramount Petals adalah kota green city yang berkonsep one-stop living yang memadukan hunian dan komersial, bisnis dengan fasilitas lengkap seperti, kesehatan, pendidikan, hiburan dan lainnya, menjadikan hunian di Paramount Petals tepat sebagai hunian pertama generasi milenial.

"Seperti pada Aster, Canna dibangun 1 lantai dengan konsep high ceiling, di mana penghuni dapat menambah fitur mezzanine floor atau menambah ruang sendiri di kemudian hari," ungkapnya.

Salah satu daya tarik utama kota mandiri baru ini dibuktikan lewat kerjasama Paramount Petals dengan PT Jasamarga Related Business (PT JMRB), dalam pengembangan residensial di sepanjang koridor tol, serta pembangunan direct access toll dari dan ke tol Jakarta-Merak yang rencananya akan dibuka pada tahun 2025.



Simak Video "d'Mentor: 'Persiapan Memulai Bisnis Ala Sandiaga Uno'"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)