Cek di Sini! Ada Subsidi KPR Khusus buat Milenial

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 06 Nov 2021 18:00 WIB
KPR Tapera
Cek di Sini! Ada Subsidi KPR Khusus buat Milenial
Jakarta -

Bank BTN meluncurkan fitur Graduated Payment Mortgage atau pinjaman awal rendah dalam KPR BTN Gaess for Millenial. Di mana program itu menyasar para milenial untuk membeli rumah.

Program tersebut diklaim akan memudahkan milenial karena angsurannya cenderung ringan di beberapa tahun pertama dengan perhitungan suku bunga kredit yang lebih kompetitif.

Executive Vice President Nonsubsidized Mortgage & Personal Lending Division (NSLD) Bank BTN Suryanti Agustinar menyatakan GPM dalam KPR BTN Gaess for Millenials sangat tepat dimanfaatkan oleh para milenial yang memiliki perencanaan keuangan matang karena fitur memberikan 2 tahun pertama cicilannya ringan.

Fitur GPM yang diunggulkan antara lain suku bunga promo lebih rendah dan diperhitungkan secara berjenjang yaitu sebesar 4,75% selama 2 tahun pertama pinjaman.

"Dibandingkan dengan KPR biasa yang menggunakan skema fix and cap di mana bunga naik 1% tiap tahun selama 3 tahun pertama. Sehingga besar angsuran GPM lebih rendah dibanding angsuran KPR reguler pada awal masa kredit. Setelah itu, pembayaran angsuran akan meningkat secara stabil sesuai dengan asumsi kenaikan penghasilan calon debitur setiap tahunnya," katanya dalam keterangan pers, dikutip Sabtu (6/11/2021).

Suryanti pun menjelaskan bagaimana simulasi dari KPR BTN Gaess for Millennials ini. "Jika milenial membeli rumah seharga Rp 500 juta dengan uang muka 5%, maka angsuran awal dengan fitur GPM, hanya perlu mencicil Rp 2,8 juta per bulan. Sementara tanpa fitur GPM cicilannya akan mencapai sekitar Rp 3,1 juta," jelasnya.

Simak Video: Ajukan KPR bisa dari Rumah

[Gambas:Video 20detik]