Pasangan Muda Belum Nikah Tapi Mau Beli Rumah, Baca Tips Ini Dulu Deh!

Elsa Azzahra - detikFinance
Rabu, 10 Nov 2021 17:07 WIB
KPR
Foto: Tim Infografis: Luthfy Syahban
Jakarta -

Bagi pasangan muda yang berencana untuk memiliki rumah sebelum menggelar pernikahan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar rencana ini berjalan sesuai rencana.

Memang, banyak pasangan muda yang memutuskan untuk membeli rumah bersama, namun kebanyakan dari mereka kurang memikirkan perencanaan yang tepat, sehingga rencana baik tersebut justru menimbulkan masalah di masa depan.

Dikutip dari CNBC, Rabu (10/11/2021), Tercatat sebanyak 9% pembelian rumah oleh pasangan yang belum menikah, dan milenium muda usia 22 hingga 30 tahun sebanyak 20% pada tahun 2020 mengakuisisi properti sebagai mitra adalah tren lintas generasi.

Tren membeli rumah bersama pasangan ini sangat rentan dan lebih sedikit perlindungan dan mungkin harus menghadapi masalah hukum jika hubungan antar kedua pasangan tersebut mengalami masalah seperti, perpisahan, meninggal dunia dan masalah hubungan yang lainnya.

Berikut hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan pembelian rumah bersama pasangan:

1. Mengajukan Hipotek alias KPR

Sebelum membeli rumah, pembeli harus membicarakan bagaimana pembayaran rumah akan dilakukan. Hipotek yang merupakan pengajuan kredit atas dasar jaminan berupa aset atau benda tidak bergerak ini bisa jadi langkah pertama yang diambil pasangan saat ingin membeli rumah.

2. Memberikan Hak Atas Properti

Keputusan besar sebelum membeli rumah adalah bagaimana memberikan hak atas properti tersebut dan menetapkan kepemilikan hukum pada masing-masing pasangan jika hubungan pasangan tersebut mengalami masalah. Misal, bila hubungan kandas di kemudian hari, harus diputuskan siapa pemilik sah rumah tersebut.

3. Melakukan Perjanjian

Pasangan muda wajib melakukan perjanjian untuk masalah pembayaran uang muka, perbaikan rumah dan pengeluaran lainnya. Isi dari perjanjian juga harus meliputi pembagian hak properti jika terjadi perpisahan antara kedua pasangan.

4. Rencanakan 'Skenario Terburuk'

Membeli properti bagi pasangan yang belum menikah akan membutuhkan langkah ekstra untuk mempertimbangkan pro dan kontra terkait hal pembelian properti. Maka rencanakan sesuatu untuk menghadapi hal terburuk yang rentan terjadi pada hubungan.

(dna/dna)