Dian Sastro Cerita Pernah Ditolak Bank Saat Ajukan KPR, Kok Bisa?

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 11 Nov 2021 14:02 WIB
Dian Sastrowardoyo saat ditemui di Plaza Indonesia.
Foto: Ismail/detikFoto
Jakarta -

Siapa sangka, aktris kenamaan Dian Sastrowardoyo pernah mengalami pengalaman yang tidak mengenakan dalam dunia finansial. Ternyata dia pernah ditolak bank saat mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Hal itu diungkapkannya saat menghadiri peluncuran platform pengecekan kredit secara personal 'MyIdScore' besutan lembaga pengelola informasi perkreditan PT PEFINDO Biro Kredit (IdScore) kemarin, Rabu (10/11/2021).

Dian menceritakan, pengalaman itu dia rasakan sekitar 15-20 tahun yang lalu. Saat itu dia baru mengawali kariernya sebagai aktris dan ingin memiliki rumah melalui KPR.

"Awal-awal karier kan mau coba punya rumah dong, jadi pengin mengajukan permohonan kredit untuk KPR rumah," tuturnya.

Namun saat itu bank-bank yang memiliki produk KPR sudah menerapkan persyaratan slip gaji dan surat keterangan pegawai tetap. Persyaratan itu tentu tidak bisa dipenuhi Dian yang berprofesi sebagai pekerja seni.

"Jadi kebetulan karena kita juga profesinya pekerja seni, tentunya kita nggak punya surat bahwa kita tuh pegawai, atau slip gaji yang menunjukkan penghasilan tetap. Sementara itu salah satu syarat pengajuan kredit," kenangnya.

Berlanjut ke halaman berikutnya.



Simak Video "Pandangan Dian Sastro Soal Diskriminasi Gender di Tempat Kerja"
[Gambas:Video 20detik]