Wow! Pemerintah Mau Percantik Rumah Dekat Sirkuit MotoGP Mandalika

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 05 Jan 2022 16:16 WIB
Mandalika
Foto: Rumah Dekat Sirkuit Mandalika (Istimewa/Kementerian PUPR)
Jakarta -

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melakukan penataan rumah masyarakat di kawasan koridor Sirkuit MotoGP Mandalika di Nuta Tenggara Barat (NTB).

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto mengatakan penataan rumah akan dilaksanakan melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) serta program beautifikasi rumah agar kawasan tersebut lebih tertata, layak huni serta menjaga keindahan di sekitar sirkuit.

"Kementerian PUPR akan memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan ajang Moto GP Mandalika. Seluruh Direktorat Jenderal di Kementerian PUPR baik Direktorat Jenderal Sumber daya Air, Direktorat Jenderal Bina Manarga, Direktorat Jenderal Cipta Karya dan Direktorat Jenderal Perumahan akan bersinergi agar pembangunan infrastruktur dan perumahan di sekitar Sirkuit Moto GP mandalia bisa berjalan dengan baik di lapangan," ujarnya dalam keterangannya, Rabu (5/1/2022).

Iwan menerangkan, dirinya langsung menugaskan Direktur Rumah Swadaya ke Mandalika, NTB untuk melihat kondisi lapangan dan mempersiapkan pelaksanaan peningkatan kualitas rumah di wilayah tersebut. Pihaknya mengaku, komitmen ini akan dipercepat mengingat MotoGP Mandalika akan digelar Maret 2022.

"Kementerian PUPR memastikan proyek pembangunan infrastruktur dan perumahan bisa segera dimulai untuk mengantisipasi masalah yang ada serta melalukan update dan sinkronisasi di lapangan. Seluruh penyedia jasa sudah bergerak di lapangan serta melaksanakan pekerjaan untuk menyelesaikan pembangunan," terangnya.

Total rumah yang akan diperbaiki di koridor sirkuit yakni sekitar 196 unit. Dari total rumah yang berada di tanah masyarakat sendiri sebanyak 107 unit, sedangkan sisanya berada di tanah milik ITDC.

Bersambung ke halaman selanjutnya.