3 Fakta Aset Tommy Soeharto Tak Laku Dilelang

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 12 Jan 2022 19:00 WIB
Tommy Soeharto meluncurkan rest area 4.0 di Karawang, Jabar. Tommy Soeharto juga meninjau fasilitas rest area untuk truk ini.
Tommy Soeharto/Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Aset PT Timor Putra Nasional (TPN) milik Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto yang dilelang dengan harga Rp 2,4 triliun tak laku. Hal itu berdasarkan laporan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan setelah tidak ada pendaftar sampai batas akhir penawaran yang telah ditentukan yakni Rabu (12/1) pukul 12.00 WIB.

"Mengingat sampai dengan batas waktu yang ditentukan, yakni selambat-lambatnya 1 hari sebelum pelaksanaan lelang, tidak terdapat peserta lelang yang mendaftar dan menyetorkan uang jaminan, maka lelang eksekusi Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN) yang dilakukan oleh Pejabat Lelang Kelas 1 KPKNL Purwakarta dinyatakan Tidak Ada Peminat (TAP)," kata Direktur Hukum dan Humas DJKN, Tri Wahyuningsih Retno Mulyani, Rabu (12/1/2022).

Ini tiga fakta aset Tommy Soeharto tak laku dilelang:

1. Bakal Dilelang Ulang

Wanita yang akrab disapa Ani itu mengatakan pihaknya akan menjadwalkan kembali lelang atas aset jaminan Tommy Soeharto. Hal ini sebagai upaya pengembalian utang PT TPN sebesar Rp 2,374 triliun.

"Sebagai upaya pengembalian utang kepada negara atas nama PT TPN dapat segera terealisasi, DJKN melalui KPKNL Jakarta V akan menjadwalkan kembali lelang atas keempat aset jaminan tersebut," tuturnya.

Simak video 'Blak-blakan Prof Mahfud Md: Mba Tutut Tak Terkait BLBI':

[Gambas:Video 20detik]



Kenapa aset Tommy Soeharto tak laku dilelang? Cek halaman berikutnya.

2. Penyebab Aset Tidak Laku

Ani mengaku tidak tahu pasti kenapa aset Tommy Soeharto yang dilelang nggak laku. Terkait harga, disebut sudah berdasarkan penilaian sebagaimana mestinya.

"Kalau soal harga itu kan hasil penilaian yang dilakukan untuk mendapat nilai wajar," imbuhnya.

3. Daftar Aset yang Nggak Laku

a. Tanah seluas 530.125,526 m2 terletak di Desa Kamojing, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 4/Kamojing atas nama PT KIA Timor Motors.

b. Tanah seluas 98.896,700 m2 terletak di Desa Kalihurip, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 22/Kalihurip atas nama PT KIA Timor Motors.

c. Tanah seluas 100.985,15 m2 terletak di Desa Cikampek Pusaka, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 5/ Cikampek Pusaka atas nama PT KIA Timor Motors.

d. Tanah seluas 518.870 m2 terletak di Desa Kamojing, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 3/ Kamojing atas nama PT Timor Industri Komponen.

(aid/ara)