Harga Rumah Mewah di DKI Dibanting! Dari Rp 20 M Turun Jadi Rp 17 M

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 16 Jan 2022 13:00 WIB
Rumah-rumah orang kaya atau tajir di kawasan elit seperti Pondok Indah dan Menteng dijual. Begini penampakan rumahnya.
Rumah-rumah orang kaya atau tajir di kawasan elit Pondok Indah dijual. Begini penampakan rumahnya.(Foto: Sylke Febrina-detikcom)
Jakarta -

Harga rumah mewah di Jakarta sedang murah-murahnya. Rumah milik 'para sultan' sedang mengalami fase koreksi dibandingkan sebelum masa pandemi.

Sebagai contoh saja di kawasan elit macam Pondok Indah Jakarta Selatan menurut Ketua DPD Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) DKI Jakarta Clement Francis harga tanah kini sudah turun menjadi Rp 40 jutaan per meter.

Padahal sebelum pandemi harganya mencapai Rp 50-60 juta per meter. Penurunan itu menurut Clement tak rendah-rendah amat karena kawasan Pondok Indah yang dinilai cukup strategis dan lengkap.

"Pondok Indah misalnya itu koreksi juga, cuma sedikit lah. Dia kawasan bagus. Kalau sebelum pandemi untuk Pondok Indah di daerah elitnya itu bisa sampai Rp 50-60 jutaan per meter. Kalau dilihat sekarang kurang lebih Rp 40 jutaan lah," ungkap Clement kepada detikcom, Jumat (14/1/2022).

Secara rata-rata di Jakarta sendiri, menurut Clement terdapat koreksi harga rumah mewah mencapai 15-20%. Koreksi itu terjadi dari sebelum pandemi. Harga yang terkoreksi ini telah terjadi sejak tahun lalu dan tetap berlangsung sampai sekarang.

"Kalau terkoreksi memang sampai saat ini masih terjadi. Bisa 15-20% koreksi ini terjadi," ungkap Clement.

"Apa yang ada di pasaran 2021 ini masih ada di tahun 2022, jadi harga nggak akan jauh beda, terkoreksi sejak tahun lalu," katanya.

Lalu, berapa harga rumah di kawasan Pondok Indah saat ini? detikcom pun sempat melakukan penelusuran harga rumah di Pondok Indah lewat beberapa marketplace properti online. Beberapa rumah memang ditawarkan dengan harga rumah.

Salah satu tawaran rumah mewah di Pondok Indah yang ditemui di laman rumah123.com, disebutkan ada rumah mewah harganya sebesar Rp 17,5 miliar. Dalam deskripsi tawaran tersebut disebutkan rumah itu sebenarnya memiliki harga pasar sebesar Rp 20 miliar. Itu pun masih bisa nego harganya.

"Rumah mewah dijual dengan lokasi premium dan prestisius di Pondok Indah. Turun harga Rp 20 miliar jadi Rp 17,5 miliar. Bisa nego," tulis deskripsi penawaran itu. Rumah itu memiliki luas tanah 377 meter persegi dan bangunan seluas 550 meter persegi berbentuk dua lantai.

Lanjut ke halaman berikutnya



Simak Video "Beli Rumah Seharga Satu Piring Nasi Goreng, Mau?"
[Gambas:Video 20detik]