Investasi Apartemen Nyicilnya Ada yang Bantuin, Emang Bisa?

ADVERTISEMENT

d'House Hunter

Investasi Apartemen Nyicilnya Ada yang Bantuin, Emang Bisa?

Dana Aditiasari - detikFinance
Minggu, 16 Jan 2022 19:59 WIB
Pengembangan Kawasan TOD di Bekasi
Foto: Pengembangan Kawasan TOD di Bekasi (Istimewa)
Jakarta -

Sektor properti disebut akan melanjutkan tren peningkatan kinerja bisnisnya seiring penanganan pandemi COVID-19 yang makin baik dan program vaksinasi yang terus meningkat. Penjualan unit apartemen misalnya, sejak kuartal 2021 lalu terus menunjukkan peningkatan dan tahun 2022 ini disebut akan lebih baik situasinya dibandingkan tahun 2021.

Menurut Ferry Salanto, Senior Associate Director Research Colliers International Indonesia (CII), kinerja apartemen terus melanjutkan tren yang baik sejak tahun 2020.

"Pada kuartal terakhir 2021 penyerapan unit apartemen mencapai 87,52 persen. Kondisi yang terus membaik ini membuat kalangan pengembang makin confident untuk menaikkan tingkat harga yang selama pandemi sempat stagnan," ujarnya.

Tetapi di sisi lain, Ferry menjelaskan, tingkat pengembalian investasi apartemen (yield) juga terus menurun. Penurunan itu terlihat dari nilai rata-rata yield apartemen dari 10,2 persen menjadi 5 persen sehingga perlu disiasati.

Situasi ini dimanfaatkan oleh PT Urban Jakarta Propertindo Tbk (URBN), pengembang proyek transit oriented development (TOD) Urban Suites di Jalan Caman Raya, Jatibening, Bekasi. Saat ini ada berbagai promo yang akan memudahkan konsumen untuk membeli maupun menjadikan unit apartemennya menjadi instrumen investasi yang sangat menarik.

Menurut Firdaus Fahmi, Direktur Marketing URBN, Urban Suites menawarkan gratis perabotan (furnished) dan telah menggandeng PT Mulia Jaya Properti (MJPro) untuk mengelola unit yang dimiliki konsumen. MJPro merupakan perusahan di bidang property services yang akan membantu owner untuk unitnya dijadikan instrumen investasi yang sangat menguntungkan.

"Unit apartemen Urban Suites tipe studio (27,5 m2) bisa dibeli seharga Rp650 juta dan dengan rental guarantee dari MJPro bisa mendapatkan imbal hasil 16 persen untuk dua tahun pertama senilai Rp104 juta. Jadi saat serah terima nanti dengan unit yang sudah fully furnished, unit kita langsung disewa oleh MJPro dengan rental yield 16 persen (8 persen setahun)," terangnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT