3 Fakta Harga Rumah 'Sultan' Makin Murah

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 17 Jan 2022 07:30 WIB
Rumah-rumah orang kaya atau tajir di kawasan elit seperti Pondok Indah dan Menteng dijual. Begini penampakan rumahnya.
Rumah di bilangan Pondok Indah dijual/Foto: Sylke Febrina Laucereno/Detikcom

2. Banting Harga Rumah
detikcom pun sempat melakukan penelusuran harga rumah di Pondok Indah lewat beberapa marketplace properti online. Beberapa rumah memang ditawarkan dengan harga rumah.

Salah satu tawaran rumah mewah di Pondok Indah yang ditemui di laman rumah123.com, disebutkan ada rumah mewah harganya sebesar Rp 17,5 miliar. Dalam deskripsi tawaran tersebut disebutkan rumah itu sebenarnya memiliki harga pasar sebesar Rp 20 miliar. Itu pun masih bisa nego harganya.

"Rumah mewah dijual dengan lokasi premium dan prestisius di Pondok Indah. Turun harga Rp 20 miliar jadi Rp 17,5 miliar. Bisa nego," tulis deskripsi penawaran itu. Rumah itu memiliki luas tanah 377 meter persegi dan bangunan seluas 550 meter persegi berbentuk dua lantai.

Penawaran lain di website yang sama memberikan harga rumah di angka Rp 23,9 miliar. Rumah mewah itu memiliki luas tanah 545 meter persegi dengan luas bangunan dua lantai 1.398 meter persegi.

Beralih ke website Lamudi, ditemukan penawaran rumah senilai Rp 17,9 miliar di kawasan Pondok Indah. Rumah itu memiliki luas bangunan 600 meter persegi berbentuk dua lantai, dan luas tanah 468 meter persegi. Dalam deskripsinya rumah ini disebut rumah tua.

"Rumah tua, hitung tanah, bonus rumah. Lokasi nyaman di Pondok Indah. Dekat ke PIM. Lokasi nyaman dan asri, premium," tulis deskripsi tawaran tersebut.

Di sisi lain, ada juga tawaran lebih murah. Masih di website yang sama ditemukan tawaran rumah mewah dengan luas tanah 268 meter persegi dan bangunan seluas 400 meter persegi dua lantai. Harganya, cuma Rp 11 miliar.

3. Biang Kerok Harga Rumah Mewah Anjlok

Clement mengatakan saat ini konsumen masih mendapatkan banyak pilihan rumah, maka dari itu harga rumah mewah masih rendah tahun ini. Apalagi, menurutnya saat ini banyak rumah yang dijual sejak 2021 kemarin belum laku juga sampai saat ini.

"Unit yang mau dijual kan masih ada, masih banyak memang. Apa yang ada di pasaran 2021 ini masih ada di tahun 2022, jadi harga nggak akan jauh beda, terkoreksi sejak tahun lalu," ungkap Clement.

Dia mengatakan semakin banyak pilihan rumah mewah yang dijual, semakin besar konsumen mendapatkan pilihan harga yang murah.

"Cuma ini mindset orang pembeli juga kan memang pilihan banyak biar dia dapat harga terbaik. Orang Indonesia lagi kan nggak nawar kan nggak puas juga. Apalagi mindsetnya lagi pandemi juga, maunya harga apa-apa murah," ujar Clement.

Bila dikilas balik, fenomena harga rumah mewah yang murah telah terjadi sejak tahun lalu. Dalam catatan detikcom, Clement sebelumnya mengatakan di tengah pandemi banyak keperluan yang lebih penting yang mesti dipenuhi pemilik rumah mewah.

Makanya saat itu banyak rumah mewah pun akhirnya dijual. Tawaran rumah mewah bekas bermunculan. Banyak pemilik rumah menjual dengan harga yang murah agar cepat laku.

"Di tengah kondisi begini memang lebih banyak yang mau jual daripada mau beli. Dari segi faktor kita nggak bisa judge, tetapi kondisi ini mungkin ada orang mau menyisikan uang untuk keperluan lain gitu," ungkap Clement kepada detikcom, Selasa (6/7/2021) silam.



Simak Video "Banyak Orang Tajir Jual Rumah di Pondok Indah-Menteng"
[Gambas:Video 20detik]

(hal/zlf)