Masuk Bursa Kepala Otorita Nusantara, Ahok Buka Suara

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 19 Jan 2022 09:54 WIB
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok meluncurkan buku Panggil Saya BTP di Gedung Tempo, Palmerah, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020).
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)/Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah mengungkap sejumlah nama yang menjadi kandidat kepala otorita ibu kota negara yang disebut Nusantara. Dari beberapa nama yang disebut, ada satu nama yang mencolok yakni Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Ahok memang kerap menjadi pusat perhatian. Pria yang kini menjabat Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) dikenal karena berbagai pernyataannya yang blak-blakan.

Lantas, apa tanggapan Ahok soal kandidat pimpinan Nusantara tersebut? "Itu hak prerogatif presiden," kata Ahok kepada detikcom lewat pesan singkat, Rabu (19/1/2022).

Presiden Jokowi sebelumnya menyebut empat kandidat kepala otorita ibu kota negara. Kandidat itu yakni mantan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro, mantan Direktur Utama Wijaya Karya (WIKA) Tumiyana, mantan Bupati Banyuwangi yang sekarang menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Azwar Anas, dan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok.

"Kandidatnya ada ya, yang namanya kandidat memang banyak. Pertama Pak Bambang Brodjo, kedua Pak Ahok, ketiga Pak Tumiyono, keempat Pak Azwar Anas," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta pada 2 Maret 2020.

Simak Video 'Jokowi Disebut Sudah Kantongi Nama Pemimpin Ibu Kota Baru':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/ara)