Yakin Istana di Nusantara Bakal Rampung sebelum 17 Agustus 2024?

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 23 Jan 2022 15:44 WIB
Infografis Jadwal Pindah Ibu Kota
Foto: Infografis detikcom/M Fakhry Arrizal
Jakarta -

Proses awal pemindahan ibu kota negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim) rencananya dilakukan pada semester I-2024. Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melaksanakan perayaan HUT RI di ibu kota baru, Nusantara pada 17 Agustus 2024.

Perancang Istana Negara IKN, I Nyoman Nuarta pun menilai pembangunan kawasan Istana Negara di ibu kota baru bisa rampung pada semester I-2024.

"Kalau Istana saya kira bisa. Jadi begini, kita kan sudah riset cukup banyak masalah tanahnya, masalah kontur tanahnya, dan sebagainya," kata dia dalam wawancara di Akbar Faizal Uncensored, dikutip detikcom, Minggu (23/1/2022).

Jembatan Pulau Balang sebagai salah satu akses penghubung menuju ibu kota baru pun sudah selesai terbangun sehingga akan mempermudah arus logistik ke IKN.

"Maksud saya begini, medannya (IKN) itu kan belum ada jalannya. Kalau nanti dalam waktu berapa lama itu sudah ada jalannya tentu bisa percepat gitu lho. Jadi infrastruktur ini kan sudah dikebut nih kayaknya sama Menteri PUPR," sebutnya.

Tapi, lanjut Nyoman ada tantangan lain menyangkut kontur tanah di kawasan Istana Negara di ibu kota baru yang berbukit. Itu akan menjadi kesulitan tersendiri dalam memasok alat berat.

"Kita masalahnya masukin alat berat, ya kita kan mikir tuh crane itu perlu berapa banyak, nah itu kan ngangkut ke sana. Bornya bagaimana, itu karena tempatnya tebing-tebing begitu kan nggak mudah ngangkut bor," papar Nyoman.

"Tapi itu kalau terjadi kita punya Istana yang luar biasa unik, view-nya luar biasa dan sebagainya itu," tambahnya.

(toy/dna)