Sederet Fasilitas di Istana Nusantara yang Bisa Tampung 1.400 Karyawan

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 23 Jan 2022 18:45 WIB
Pindah Ibu Kota
Foto: Mindra Purnomo
Jakarta -

Perancang Istana Negara IKN, I Nyoman Nuarta menyebut kompleks Istana Negara di ibu kota negara (IKN) baru Indonesia dirancang untuk dapat menampung 1.400 karyawan.

Dia menjelaskan kantor-kantor di kompleks istana ini dirancang dengan desain modern mengikuti perkembangan terkini pasca terjadinya pandemi COVID-19.

"Total karyawan yang ada di kompleks istana ini kurang lebih 1.400 orang. Kantor-kantornya akan digarap modern sesuai dengan perkembangan sekarang. COVID ini juga memberikan pelajaran buat kita seperti apa kantor-kantor sekarang ini, agak berbeda tentunya dari kantor-kantor yang terdahulu waktu zaman normal," katanya dalam wawancara di Akbar Faizal Uncensored, dikutip detikcom, Minggu (23/1/2022).

Di kompleks ini terdapat Kantor Staf Khusus Presiden, Kantor Sekretariat Presiden, dan Mess Paspampres yang dilengkapi perlengkapan olahraga dalam ruangan.

Kantor Presiden berada di gedung berbentuk Garuda. Gedung ini tingginya 4 lantai, berdiri di atas bukit dengan ketinggian 88 meter di atas permukaan laut. Kantor Presiden dilengkapi ruang sidang kabinet, ruang kerja presiden, paviliun presiden, dan ruang tidur paviliun presiden.

Lalu ada masjid yang dapat digunakan para staf kepresidenan, Gazebo yang bisa digunakan untuk ngopi-ngopi dengan tamu negara. Kompleks istana di ibu kota baru juga dilengkapi dengan Wisma Negara untuk para tamu negara.

"Kita mempunyai presidential suite, itu ada dua di wisma itu," jelas Nyoman.

Selain itu ada bangunan pendukung untuk pemadam kebakaran, dan tempat parkir dengan kapasitas 600 kendaraan.

(toy/dna)