Ini Spot yang Bisa Dikunjungi Warga di Kompleks Istana Ibu Kota Baru

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 23 Jan 2022 20:45 WIB
Ibu Kota ke Mana? (Mindra Purnomo/detikcom)
Foto: Ibu Kota ke Mana? (Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Kompleks Istana Negara di ibu kota negara (IKN) baru Indonesia tidak didesain eksklusif hanya untuk pejabat negara maupun pegawai negeri sipil (PNS) yang bekerja di dalamnya.

Berdasarkan hasil rancangan yang dibuat Perancang Istana Negara IKN, I Nyoman Nuarta, kompleks Istana Negara dapat dikunjungi oleh masyarakat. Mereka bisa menikmati suasana di kebun raya dan kebun bunga di kompleks Istana Negara.

"Jadi masyarakat bebas bisa mengunjungi setiap saat sambil melihat istana itu seperti apa, tapi belum masuk ke istana. Di situ ada telaga-telaga karena konturnya sedemikian rupa. Jadi kita buat seperti itu," katanya dalam wawancara di Akbar Faizal Uncensored, dikutip detikcom, Minggu (23/1/2022).

Di kompleks Istana Negara terdapat lapangan upacara bertingkat karena kontur tanah berbukit. Seingat dia luasnya 1,5 hektare. Rencananya upacara hari kemerdekaan Indonesia akan diselenggarakan di IKN pada 17 Agustus 2024.

Nyoman menjelaskan masyarakat bisa menyaksikan langsung upacara yang diselenggarakan di kompleks Istana Negara. Namun dia tak menjelaskan dari area mana mereka bisa menyaksikannya.

"Istana ini akan bisa menampung 5.000 orang masyarakat yang menyaksikan upacara misalnya," sebutnya.

Masyarakat juga bisa mengunjungi Gedung Edukasi, di dalamnya terdapat museum dan galeri. Dia berharap itu bisa dibuka setidaknya 5 hari dalam seminggu.

"Ini harapan kita bisa dibuka seminggu 5 hari atau berapa dan dia mempunyai jalan dari samping yang tidak harus melewati depan," sebutnya.

Jalan akses ke dalam kompleks Istana Negara memang ada beberapa, ada pintu utara dan tenggara. Pengunjung publik atau yang bukan tamu kenegaraan masuknya melalui pintu utara.

(toy/dna)