Hasil Polling: Pembaca Menilai PNS Siap Pindah ke Ibu Kota Baru

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 25 Jan 2022 08:52 WIB
Hari ini para PNS Pemprov DKI Jakarta mulai beraktivitas normal. Tingkat absensi pada hari pertama masuk kerja hadir 100 persen.
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Hasil Polling yang dilakukan detikcom menunjukkan sebagian besar pembaca menilai Pegawai Negeri Sipil (PNS) siap untuk pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) baru, Nusantara di Kalimantan Timur.

Sebagai informasi, pada tahap awal PNS direncanakan mulai berpindah pada 2022-2024 dan TNI/Polri pindah pada 2023. Badan Kepegawaian Negara (BKN) memaparkan ada 2.350 PNS yang berpindah pada tahap awal ini.

Berdasarkan polling yang dibuat pada Senin (24/1) sampai hari ini Selasa (25/1) yang ditutup pukul 08.00, mayoritas pembaca menilai PNS siap pindah ke IKN baru.

Total pembaca yang mengisi polling ada 88 orang. Sebanyak 53 orang menilai siap dan 35 menyatakan belum siap.

Adapun tanggapan yang menilai PNS siap untuk pindah ke Nusantara karena PNS bersedia ditempatkan di mana saja dalam wilayah Indonesia. Jadi harus siap jika dipindahkan ke ibu kota baru.

Seorang pembaca mengatakan meski PNS harus siap, pemerintah juga harus menyiapkan fasilitas yang memadai dengan kondisi PNS yang berbeda-beda.

"Ada yg belum nikah, ada yang sudah nikah belum punya anak, ada yang sudah nikah punya anak 1, anak 2, anak 3, dst. Ada yang suami istri sama-sama kerja di K/L, ada yang orang tuanya ikut tinggal bersama anaknya yg PNS, dll, dsb. Mudah-mudahan nggak disamaratakan kondisinya," kata akun bernama ke*****.

Kemudian, pembaca lain juga mengatakan hal senada. Bahwa PNS memang harus siap di tempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

"Abdi negara harus siap ditempatkan dimana saj. Dulu sudah tanda tangan siap di tempatkan di seluruh wilayah NKRI," tulis akun Ir***.

"ASN dan TNI/Polri harus siap ditempatkan dimana saja di seluruh Indonesia," tulis akun Pa** ***.

Ada yang mengaku belum siap pindah ke ibu kota baru. Cek halaman berikutnya.