ADVERTISEMENT

Terpopuler Sepekan

3 Fakta Ngenes Warga Desa Miliarder di Tuban

Tim detikcom - detikFinance
Minggu, 30 Jan 2022 21:00 WIB
kampung miliarder di tuban
Foto: Ainur Rofiq
Jakarta -

Sebuah desa di Tuban sempat menyita perhatian publik, bagaimana tidak warga-warganya sempat menjadi miliarder dadakan.

Mereka tiba-tiba jadi kaya raya berkat uang ganti rugi hasil pembebasan tanah untuk pembangunan proyek kilang pertamina yang mencapai miliaran Rupiah.

Total ada 27 warga yang hidupnya pas-pasan berbalik menjadi kaya mendadak dan dikenal miliarder. Dengan uang yang mencapai miliaran Rupiah, banyak warga desa yang memilih untuk membeli mobil mewah, dan merenovasi atau membangun sebuah rumah.

Tetapi, kini kondisi mereka cukup memprihatinkan. Faktanya, uang ganti rugi tersebut terlalu banyak terbuang percuma. Kini mereka hidup melarat lagi. Saking ngenesnya sampai-sampai harus menjual ternak untuk bertahan hidup.

Berikut ini 3 nasib ngenes warga desa miliarder, yang dirangkum dari catatan pemberitaan detikcom, Minggu (30/1/2022).

1. Jual Sapi untuk Sambung Hidup

Selang setahun ternyata warga desa Tuban tersebut banyak yang jatuh miskin hingga menjual hewan ternaknya untuk bertahan hidup. Kini warga kampung miliader di Tuban dihantui rasa penyesalan.

Hal ini diketahui ketika warga enam desa ditemui detikcom, Senin (24/1/2022) saat unjuk rasa di depan kantor proyek GRR Tuban.

Mereka bercerita hanya menghabiskan tabungan karena tak ada pekerjaan lagi setelah tanah yang menjadi sumber penghasilan mereka dibeli PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PRPP).

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT