ADVERTISEMENT

Jokowi Bakal Berkemah di Titik Nol Ibu Kota Baru

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 03 Feb 2022 14:14 WIB
Naik Land Cruiser, Jokowi Tinjau Titik Istana di Ibu Kota Baru
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan berkemah di titik nol ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim). Rencana itu disampaikan oleh Gubernur Kaltim H Isran Noor.

Isran mengungkap hal itu menjadi bukti keseriusan Presiden Jokowi untuk memindahkan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kaltim. Dia menjelaskan Jokowi akan berkemah di IKN dalam waktu dekat ini.

"Pak Presiden akan bermalam, berkemah di titik nol (IKN). Waktunya masih diatur. Tapi tidak lama lagi," kata Isran Noor dikutip detikcom dari keterangan tertulis di situs web Pemprov Kaltim, Kamis (3/2/2022).

Dalam keterangan tersebut, rencana berkemah di titik nol sudah disampaikan Jokowi kepada Isran dalam rapat singkat di VIP Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan usai pengukuhan PBNU di Balikpapan Sport Center and Convention Dome Balikpapan, Senin (31/1).

"Kami rapat hanya tiga orang. Pak Presiden, Menteri Sekretaris Negara dan saya," sebutnya.

Sembari berkemah di titik nol IKN nanti, Jokowi akan memanfaatkan waktunya untuk bertemu para tokoh adat di Kaltim. Mulai tokoh adat Kutai, Dayak, Paser, Berau, Banjar, Bugis dan Jawa. Saat itu juga akan ditampilkan karya seni budaya dari beragam suku di Kaltim. Selain itu juga akan dilakukan doa bersama demi kelancaran pemindahan IKN Nusantara dari Jakarta ke Sepaku.

Isran meminta kepada siapapun Sekda terpilih nantinya agar segera berkoordinasi dengan pihak Istana Negara di Jakarta untuk mempersiapkan rencana tersebut.

Dia sudah mendapat kepastian bahwa seluruh proses penyelenggaraan acara akan dibiayai oleh Sekretariat Negara. Sementara pengaturan lokasinya akan ditentukan oleh Kementerian PUPR, TNI dan Polri.

Simak video 'Momen Jokowi Motoran di Kawasan Danau Toba: Udaranya Fresh Sekali!':

[Gambas:Video 20detik]



(toy/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT