ADVERTISEMENT

Jokowi Mau Berkemah di Titik Nol IKN, Seperti Apa Lokasinya?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 03 Feb 2022 17:30 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengunjungi titik nol lokasi pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur
Foto: Dok. Kementerian Keuangan
Jakarta -

Presiden Joko Widodo akan segera berkemah di titik nol ibu kota negara (IKN) baru yang ada di Kalimantan Timur. Rencana itu diungkap oleh Gubernur Kaltim H Isran Noor.

Isran Noor mengungkap hal itu menjadi bukti keseriusan Jokowi untuk memindahkan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kaltim. Dia menjelaskan Jokowi akan berkemah di IKN dalam waktu dekat ini.

"Pak Presiden akan bermalam, berkemah di titik nol (IKN). Waktunya masih diatur. Tapi tidak lama lagi," kata Isran Noor dikutip detikcom dari keterangan tertulis di situs web Pemprov Kaltim, Kamis (3/2/2022).

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam keterangan terpisah menjelaskan perihal lokasi titik nol IKN, Nusantara. Titik nol bakal menjadi titik referensi untuk menghitung tingkat ketinggian bangunan di atas permukaan air laut di IKN baru.

"Titik nol itu adalah sebagai titik referensi untuk menghitung tingkat ketinggian bangunan di atas permukaan air laut. Jadi itu akan menjadi referensi berapa ketinggiannya dari titik nol," katanya dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI di hari yang sama.

Nah kalau bentuknya, dari beberapa foto dokumen kementerian yang didapatkan detikcom, titik nol berupa patok penanda titik nol.

Beberapa menteri telah berkunjung ke sana. Mulai dari Menteri PPN/Kepala Bappenas, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, hingga Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Titik nol sendiri letaknya ada di Kabupaten Penajam Paser Utara. Jaraknya sekitar 2 jam jalur darat dari Balikpapan, kota besar terdekat.

Seperti diketahui tahun ini hingga 2024 menjadi tahap pertama pemindahan ibu kota baru. Pembangunan sarana prasarana hingga perpindahan ASN bakal dilakukan selama dua tahun ke depan.

Sekilas informasi, Plt Direktur Regional II Bappenas Mohammad Roudo menyatakan Jokowi menargetkan pemindahan ibu kota baru, termasuk pindahnya para PNS ke Nusantara bisa rampung sebelum tanggal 16 Agustus 2024. Dengan begitu, upacara hari kemerdekaan 17 Agustus bisa dilakukan di ibu kota baru.

"Presiden merencanakan untuk pindah sebelum 16 Agustus 2024," kata Roudo dalam diskusi Forum Merdeka Barat, Rabu (2/2/2022).

Roudo juga mengatakan pembangunan ibu kota baru bakal mulai dilakukan semester ini. "Di awal semester ini kita harapkan sudah bisa pindah," katanya.



Simak Video "Bambang Susantono Blak-blakan soal Saweran Bangun IKN"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT