ADVERTISEMENT

Jadi Tempat Kemah Jokowi, Titik Nol IKN Bakal Dibangun Istana?

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 03 Feb 2022 15:39 WIB
Presiden Jokowi bicara pemindahan ibu kota
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan berkemah di titik nol ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim). Rencana itu disampaikan oleh Gubernur Kaltim H Isran Noor. Apakah Istana Negara bakal dibangun di situ?

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam keterangan terpisah menjelaskan perihal lokasi titik nol IKN, Nusantara.

"Titik nol itu adalah sebagai titik referensi untuk menghitung tingkat ketinggian bangunan di atas permukaan air laut. Jadi itu akan menjadi referensi berapa ketinggiannya dari titik nol," katanya dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Kamis (3/2/2022).

Pembangunan IKN pun dijelaskannya tidak serta-merta dimulai dari titik nol. Dia juga menjelaskan bahwa Istana Negara Nusantara tidak dibangun di titik nol.

"Istana memang bukan di titik nol, dia agak ke atas, dan gedung DPR dan MPR-nya itu juga keren sekali, di sayap sebelah kanan. Kemudian ada tempat untuk bagian Yudikatif di sebelah kirinya. Jadi saya kira bagus sekali kalau itu memang bisa terwujud," sebutnya.

Suharso menerangkan bahwa membangun IKN tidak seperti 'menggosok lampu Aladin' melainkan harus dilakukan secara bertahap

"Hari ini yang sudah kita lakukan memastikan tersedianya air karena itu paling penting dengan dibangunnya DAM Sepaku Semoi, dan kemudian jalan logistik," tambahnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT