Erick Thohir Targetkan Homestay di Mandalika Tembus 100 Ribu

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 09 Feb 2022 22:33 WIB
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan menyampaikan pidato kebudayaan saat acara Zulhas Award. Dia berpidato di depan 3 kandidat potensial capres 2024.
Foto: (Mercy Raya/detikSport): Menteri BUMN Erick Thohir
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir mendukung adanya homestay warga di sekitar kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ini dalam rangka mendukung penyelenggaraan MotoGP yang rencananya digelar Maret.

Erick Thohir mengatakan ada 63 ribu homestay yang ditargetkan akan terisi berkat adanya MotoGP. Tidak menutup kemungkinan akan ditingkatkan ke 100 ribu.

"Kita akan fokus di 63 ribu pertama, kalau ini baik baru kita tingkatkan ke 100 ribu," kata Erick Thohir dalam acara peluncuran Pertamina Grand Prix of Indonesia, Rabu (9/2/2022).

Sejumlah rumah-rumah kosong akan dijadikan sebagai alternatif untuk sewa tempat tinggal jika jumlah homestay kurang. Dengan begini diharapkan perekonomian warga sekitar dapat terdorong.

"Ada rumah-rumah yang sudah dibeli, mumpung pembeli dari mana tapi masih kosong, itu akan dipakai untuk bantuan ketika dibutuhkan orang yang mau tinggal di sana," tuturnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya juga sudah meninjau langsung beberapa homestay di Mandalika. Tempat tinggal para warga disulap jadi penginapan atau homestay yang dapat menjadi alternatif akomodasi bagi penonton ajang MotoGP.

"Jadi kita sangat mendukung yang namanya homestay karena itu tidak hanya Kementerian BUMN tetapi juga Kementerian PUPR yang banyak melakukan bantuan renovasi-renovasi kepada masyarakat di Mandalika sesuai dengan arahan bapak Presiden RI Joko Widodo," ujar Erick Thohir.

Simak Video: MotoGP Mandalika Bernama Pertamina Grand Prix of Indonesia

[Gambas:Video 20detik]



(aid/hns)