Mau Beli Rumah KPR Tapi Takut Ketipu? Simak Nih Tipsnya

ADVERTISEMENT

Mau Beli Rumah KPR Tapi Takut Ketipu? Simak Nih Tipsnya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Minggu, 06 Mar 2022 14:27 WIB
Daftar Perumahan dHouse Hunter Cibinong-Cilodong
Foto: Daftar Perumahan d'House Hunter Cibinong-Cilodong (Sylke Febrina Laucereno/detikcom)
Jakarta -

Memiliki rumah bisa dengan berbagai cara, mulai dari membangun secara pribadi, membeli cash keras sampai kredit pemilikan rumah (KPR).

Kali ini d'House Hunter akan membahas cara supaya nggak ketipu waktu mau beli rumah dengan cara KPR.

Marketing Griya Alam Persada Cibinong Tika mengungkapkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para calon pembeli. Misalnya perhatikan lingkungan sekitar dan bisa tanya ke penduduk.

"Setelah itu tanya ke marketing, bagaimana legalitas developer, sertifikat sudah pecah atau belum. Harus ditanyakan dengan detil itu, wajib. Jangan ragu buat tanya, marketing yang benar dia nggak akan takut buat menunjukkan legalitas," kata dia kepada tim d'House Hunter, pekan lalu.

Kemudian tanyakan dengan bank mana saja mereka bekerja sama. Hal ini untuk meyakinkan, karena developer yang telah bekerja sama dengan bank biasanya memiliki reputasi yang baik.

Selain itu, tanyakan biaya apa saja yang akan ditanggung oleh developer dan ditanggung pembeli. Misalnya biaya notaris, biaya provisi, biaya survei sampai biaya asuransi.

"Harus tanyakan biaya-biaya itu supaya nanti tidak terjadi salah paham dan tidak ada biaya-biaya tersembunyi," imbuh dia.

Kemudian jangan lupa tanyakan promo apa saja yang diberikan. Lalu tanyakan syarat dan ketentuannya.

Selanjutnya, calon pembeli juga harus melihat progres pembangunan rumah dan fasilitas setelah perumahan tersebut dibuka.

Tika menjelaskan di Griya Alam Persada Cibinong rumah ada ukuran 36/72. Developer membangun sekitar 64 unit dan kini tinggal 13 unit. Harga rumah paling tinggi Rp 597 juta.

Untuk bank yang bekerja sama mulai dari BTN dan BSI untuk mengakomodasi calon pembeli rumah yang ingin membeli dengan akad syariah.

Griya Alam Persada Cibinong memiliki fasilitas umum taman bermasin dan musala. Kemudian dekat dengan pemda Cibinong dan stasiun kereta.

"Sekarang ada promo bebas biaya-biaya, jadi hanya bayar booking fee dan proses cek skor kredit," jelas dia.

(kil/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT