Jelang MotoGP Mandalika, Ribuan Kamar Penginapan di Lombok Masih Kosong

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 06 Mar 2022 17:30 WIB
Jelang perhelatan MotoGP 2022, Sirkuit Mandalika terus berbenah dari berbagai aspek. Salah satunya dengan melakukan pengaspalan ulang lintasan.
Foto: ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Jakarta -

Kamar penginapan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) banyak yang belum dipesan alias masih kosong jelang perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika. Padahal tidak lama lagi ajang balapan tersebut akan digelar tepatnya pada 18-20 Maret 2022.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi mengatakan jumlah penginapan yang masih kosong terdapat 7.315 kamar per 4 Maret 2022. Jumlah tersebut terdiri dari hotel bintang sebanyak 1.191 kamar, melati 792 kamar, villa 396 kamar, bungalow 958 kamar, homestay 1.203 kamar, rusun 245 kamar, camping ground 2.420 tenda dan Sarhunta 110 kamar.

"Penginapan di Lombok masih tersedia banyak. Ada 12 cluster tempat penginapan kita berada baik di Mandalika, Mataram, Senggigi, Sekotong, Pemenang, Gili Tramena, Senaru, Sembalun, Lingsar-Suranadi, Batukliang-Kopang, Tete Batu, hingga Jerowaru masih menyediakan kamar yang bisa ditempati sebanyak 7.315 per 4 Maret," kata Yusron kepada detikcom, Minggu (6/3/2022).

Lebih rinci dijelaskan bahwa Gili Tramena yang masih tersedia banyak penginapan kosong yakni 2.700 kamar baik hotel berbintang maupun Sarhunta. Wilayah ini dinilai jadi tempat menarik untuk pengunjung MotoGP sambil berlibur.

"Pelayanan transportasi yang memadai saya kira Gili menjadi tempat yang menarik sembari bisa menikmati wisata bahari diving pun snorkeling. Ketika normal tempat ini adalah pilihan utama turis manca negara dan saat pandemi memang jumlahnya menurun drastis," tuturnya.

Tempat lainnya yang masih banyak tersedia penginapan adalah di Mandalika dengan hunian camping ground di area beach park yang dekat dengan kawasan sirkuit. Tempat itu bisa menampung 1.300 tenda yang dikelola oleh Eiger, Bobobox maupun Kelana.

"Tempat itu sangat strategis, pinggir pantai yang indah dan sekitarnya juga banyak hotel yang sudah terisi. Silakan datang ke Lombok, jangan sampai kabar penginapan penuh menyebabkan harganya naik," imbuhnya.

Mau sambil berwisata alam pegunungan? Ada wilayah Sembalun dan Senaru yang tempat penginapannya juga banyak masih kosong. Untuk desa wisata, ada penginapan di Tete Batu, Lingsar, dan Batukliang yang terdapat homestay dekat dengan air terjun dan daya tarik pemandian.

"Kalau ingin menikmati suasana pantai yang cukup private, pilihan ke Sekotong dan Jerowaru di sisi selatan Lombok bagian barat maupun timur. Kira-kira jarak dari Sekotong ke Mandalika sekitar 1,5 jam dan dari Jerowaru sekitar 1 jam," imbuhnya.



Simak Video "Warga Serbu Bukit Tonton Langsung MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/zlf)