Pimpinan IKN Sudah Ditunjuk Jokowi, Pindah Ibu Kota Jadi Nih!

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 11 Mar 2022 06:15 WIB
Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe
Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe/Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Kamis (10/3). Pelantikan diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Jokowi melantik Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN. Dalam proses pelantikan, Jokowi meminta Bambang dan Dhony mengikuti dan mengulangi sumpah jabatan yang dibacakan Jokowi.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturan dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," ujar Bambang dan Dhony dikutip dari saluran YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (10/3/2022).

Usai dilantik, Bambang langsung bicara soal IKN. Dia mengungkapkan membangun kota dengan baik membutuhkan waktu antara 15 sampai 20 tahun. Dalam kaitannya membangun IKN Nusantara, dia menjelaskan pendekatannya adalah kota yang inklusif, hijau, cerdas, dan berkelanjutan yang terangkum sebagai kota untuk semua atau city for all.

"Dan untuk membangun kota dengan baik tentu memerlukan waktu 15 sampai 20 tahun biasanya, sehingga kota itu benar-benar mempunyai roh atau soul of the city," kata dia dalam pernyataan pers setelah pelantikan.

Apa langkah selanjutnya? Cek halaman berikutnya.

Lihat juga Video: Perludem: Tak Salah Publik Kaitkan Penundaan Pemilu dengan Pembangunan IKN

[Gambas:Video 20detik]