Istana di Ibu Kota Nusantara Dibangun di Hutan Industri, Ini Lokasinya

ADVERTISEMENT

Istana di Ibu Kota Nusantara Dibangun di Hutan Industri, Ini Lokasinya

Trio Hamdani - detikFinance
Sabtu, 12 Mar 2022 16:15 WIB
ITCI Hutani Manunggal
ITCI Hutani Manunggal/Foto: Ardan Adhi Chandra/detikcom
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan berkemah di kawasan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim) tepatnya di area Hutan Tanaman Industri (HTI) yang nantinya Istana Negara juga dibangun di area tersebut.

"(Lokasi kemah) di tengah hutan, maksudnya Hutan Tanaman Industri lah ya yang rencananya akan dibangun Istana di sana," kata Kepala Dinas Kominfo Penajam Paser Utara, Budi Santoso saat dihubungi detikcom, Sabtu (12/3/2022).

HTI yang dimaksud adalah lahan milik negara yang pernah dikonsesikan kepada PT ITCI Hutani Manunggal (IHM) untuk dikelola oleh perusahaan tersebut.

"Betul (lokasinya di HTI PT ITCI Hutani Manunggal)," jawab Budi.

Tim Jelajah Ibu Kota detikcom pernah menyambangi lahan tersebut pada September 2019. IHM merupakan pemasok strategis dengan kontribusi yang signifikan terhadap anak usaha APRIL yakni PT Riau Andalan Pulp and Paper (PT RAPP).

ITCI Hutani ManunggalITCI Hutani Manunggal Foto: Ardan Adhi Chandra/detikcom

Izin IHM saat itu berupa pengelolaan HTI dalam bentuk Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu (IUPHHK-HTI). Sedangkan APRIL Group adalah perusahaan milik miliuner Sukanto Tanoto.

Manager Social Security License (SSL) IHM Muhammad Hatta Tanri kala itu menjelaskan bahwa PT ITCI IHM mengoperasikan HTI sejak 1993. Luas lahannya mencapai 163.000 hektare (ha).

Konsesi lahan sudah dikembalikan. Cek halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT