Jokowi Kemah di IKN Nusantara Besok, Begini Persiapannya

Trio Hamdani - detikFinance
Sabtu, 12 Mar 2022 13:19 WIB
Presiden Jokowi meninjau lokasi ibu kota negara yang baru di Penajam Paser Utara, Kaltim.
Foto: Presiden Jokowi meninjau lokasi ibu kota negara yang baru di Penajam Paser Utara, Kaltim. (Andhika-detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan berkemah di kawasan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) besok, Minggu (13/3) hingga Selasa (15/3). Agenda tersebut memang sudah disampaikan jauh-jauh hari, tapi saat ini belum ditetapkan tanggalnya.

"(Rencananya berkemahnya) dari tanggal 13 sampai tanggal 15," kata Kepala Dinas Kominfo, Penajam Paser Utara, Budi Santoso saat dihubungi detikcom, Sabtu (12/3/2022).

Dia menjelaskan para pihak terkait sudah turun ke lokasi kemah untuk melakukan persiapan menyambut Jokowi.

"Saat ini kita sudah di lapangan karena di-handle (ditangani) oleh beberapa pihak, jadi kita sudah koordinasi di sana, di lokasi itu. Hari ini kita sudah melakukan gelar untuk pengamanan, gelar pasukan untuk pengamanan, termasuk gelar peralatan yang berhubungan dengan keamanan sedang digelar di sana," jelasnya.

Budi menerangkan, akses internet juga sudah disiapkan untuk menunjang kegiatan Jokowi berkemah di IKN Nusantara.

"Yang lain-lain seperti konektivitas internet sudah dilakukan oleh pihak Telkom, sudah digelar sampai ke tempat kegiatan," tambahnya.

Rencana Jokowi berkemah di IKN sebelumnya disampaikan oleh Gubernur Kaltim H Isran Noor. Dia mengungkap hal itu menjadi bukti keseriusan Presiden Jokowi untuk memindahkan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kaltim. Dia menjelaskan Jokowi akan berkemah di IKN dalam waktu dekat ini.

Hal itu disampaikan Jokowi kepada Isran dalam rapat singkat di VIP Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan usai pengukuhan PBNU di Balikpapan Sport Center and Convention Dome Balikpapan, Senin (31/1).

"Kami rapat hanya tiga orang. Pak Presiden, Menteri Sekretaris Negara dan saya," kata Isran melalui siaran pers.

(toy/ara)