Rumah Nempel Stasiun Jadi Solusi Penyediaan Hunian Buat Milenial

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Minggu, 03 Apr 2022 21:45 WIB
Masyarakat menggunakan fasilitas tranpostasi di Stasiun Cisauk, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (19/6/2019). Gedung baru stasiun Cisauk beroperasi dan terintegrasi dengan pengembangan kawasan Intermoda BSD City yang berorientasi pada kemudahan akses transportasi publik atau Transit Oriented Development (TOD). Berdiri di atas lahan seluas 11.440 meter persegi, Stasiun Cisauk dibangun dengan konsep arsitektur futuristik serta dilengkapi fasilitas-fasilitas yang mengakomodasi kebutuhan masyarakat. Stasiun memiliki dua lantai dengan dilengkapi eskalator dan lift yang memudahkan pergerakan penyandang disabilitas.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Generasi milenial san juga generasi Z saat ini perlu dicarikan solusi untuk perumahan. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebutkan jika masalah perumahan ini sangat krusial di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Erick menyebut generasi milenial dan gen Z ini jumlahnya 53% dari total jumlah penduduk yang mengalami disrupsi teknologi. Lapangan pekerjaan berubah, kesempat berusaha berubah.

"Pemerintah harus dan pasti hadir agar Gen Z mendapat fasilitas terbaik tidak hanya bagi pekerjaannya tapi juga rumah tinggal sebagai kebutuhannya," kata Erick dalam keterangannya, Minggu (3/4/2022).

Dia menjelaskan BUMN harus bersinergi mulai dari BTN, Perumnas, KAI, BUMN Karya bahkan PLN dan Telkom untuk memberikan one stop solution kepada Gen Z, untuk mendapatkan kemudahan tidak hanya untuk perumahan tapi juga dalam melakukan pekerjaan.

"Solusi yang ditawarkan ini bagaimana kita mensinergikan tanah yang disediakan oleh PT Kereta Api, Perumnas yang membangun dibantu oleh BUMN Karya, BTN yang memberikan financing dibantu oleh Jasa Keuangan, PLN dan Telkom bersinergi memberikan solusi yang terbaik," jelas Erick.

Menurut dia hal ini bisa memberikan harga rumah yang affordable tapi juga efisiensi dalam kesehariannya dimana saat bekerja mereka dapat mengakses fasilitas transportasi yang mempermudah pekerjaannya.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh Kementerian yang telah memastikan hal-hal ini terjawab, saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh Direksi dan Komisaris BUMN yang percaya bahwa konsep perumahan ini bisa jalan, karena ini sebagai pilot project, baru tiga yang saya lihat, kalau ini bisa menjadi di puluhan tempat, ini akan menjadi solusi yang baik," kata Erick.

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) Haru Koesmahargyo mengatakan, Bank BTN siap bersinergi dengan Perum Perumnas dan BUMN lainnya untuk mendukung pemenuhan rumah bagi milenial. Salah satunya dengan mewujudkan impian milenial memiliki hunian yang berkonsep Transit Oriented Development atau TOD.

"Ada peluang yang sangat besar dalam menjembatani gap antara permintaan dan penawaran akan perumahan yang layak pada segmen milenial ini," jelasnya.

Menurut Haru, sesuai dengan mandat dari Menteri BUMN, Bank BTN akan bersinergi dengan BUMN lain, khususnya BUMN karya memastikan pasokan hunian bagi milenial terpenuhi.

Bersambung ke halaman selanjutnya.