Emerald Neopolis di Karawang, Hunian Berkonsep Work Life Balance

Atta Kharisma - detikFinance
Senin, 18 Apr 2022 13:14 WIB
Epic Property
Foto: dok. Epic Property
Jakarta -

Indonesia belakangan disebut mendapatkan bonus demografi lewat penduduk usia produktif yang kini mendominasi jumlah penduduk secara keseluruhan. Salah satunya di Karawang, yang turut mengalami efek dari fenomena ini.

Sebagai kawasan industri terbesar dengan upah minimum tertinggi se-Indonesia, Karawang menjadi daerah yang mendapatkan dampak langsung dari bonus demografi ini. Sehingga, menjadi destinasi utama bagi para pencari kerja dari luar daerahnya.

Konsep work life balance pun menjadi sesuatu yang vital diterapkan oleh warga Karawang untuk mempertahankan produktivitas dan jaminan hidup yang lebih baik di masa depan. Rumah, selain sebagai tempat berteduh juga menjadi tempat ternyaman untuk menyeimbangkan kembali raga dan rasa yang telah terkuras di tempat kerja.

Kendati identik dengan masyarakat yang sibuk, macet, dan terkesan jauh dari mana-mana, Direktur Emerald Land Development Andre Wijaya mengatakan lokasi Karawang justru sangat menjanjikan untuk perkembangan industri properti. Hal inilah yang menjadi landasan pihaknya mengembangkan Emerald Neopolis, sebuah perumahan yang menerapkan konsep work life balance dalam pengembangan kawasan huninya.

"Di Karawang ini bertumbuhnya luar biasa. Saat ini di sekitar Karawang ada lebih dari 2.000 perusahaan multinasional maupun nasional, dan itu akan membuat jumlah tenaga kerja yang sampai ratusan ribu. Dan itu menjadi satu kebutuhan akan perumahan di Karawang sendiri pasti akan meningkat," ujar Andre.

Andre menjelaskan saat ini pemerintah tengah berupaya mengembangkan sejumlah infrastruktur yang ada di daerah Karawang untuk meningkatkan akses dan keterjangkauan.

"Contohnya, sekarang ada Elevated Toll dari Jakarta sampai pertengahan pintu tol Karawang Barat dan Karawang Timur. Selanjutnya juga ada Double Rell antara Manggarai sampai Cikarang yang (pembangunannya) dilanjutkan sampai Karawang," ungkapnya.

Ada 4 akses dari Jakarta ke Karawang yang memudahkan hidup masyarakat yang bermukim Karawang. 4 akses tersebut adalah Elevated Toll (Toll MBZ), Double Rell, LRT Jakarta-Cikarang dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Dalam mendukung work life balance bagi para penghuni di Emerald Neopolis, Emerald Land Development telah menyediakan beragam fasilitas yang menunjang aktivitas di waktu luang para penghuninya.

"Kita sudah siapkan fasilitas, seperti kolam renang. Itu sudah menjadi standar. Walau rumahnya kecil sudah ada kolam renang. Fasilitas umum, sudah ada jogging track. Sudah kita lengkapi dengan Musala, juga sudah kita lengkapi dengan beberapa club house nanti. Tentunya hal itu akan menjadi suatu nilai tambah bagi penghuni. Mereka bisa menggunakan itu untuk keluarga, juga untuk ngundang teman," terang Andre.

Ia menambahkan Emerald Neopolis memiliki keunggulan dari segi huniannya yang berkonsep mixed-use development, yang mengintegrasikan kawasan hunian dengan pusat bisnis, sekolah, rumah sakit dan area komersial yang luasnya mencapai 50 hektar. Kedepannya, Emerald Land Development akan membangun universitas dan area perkantoran di Emerald Neopolis.

Baca selanjutnya