Masjid Al-Kamil yang Dicek Kang Emil Disebut Mirip Lotus Temple di India

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Rabu, 27 Apr 2022 15:23 WIB
Masjid Al-Kamil Sumedang
Masjid Al-Kamil Sumedang/Foto: Dok. Twitter Ridwan Kamil
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meresmikan objek wisata di Sumedang, Buricak Burinong.

Pada kesempatan itu, ia juga meninjau langsung progres pembangunan konstruksi Masjid Al-Kamil dan Menara Kujang Kembar Sepasang. Aktivitas Ridwan Kamil ini diketahui dalam cuitannya.

"Didampingi Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, resmikan objek wisata Buricak Burinong. Sekaligus meninjau langsung progres pembangunan konstruksi Masjid Al-Kamil, Menara Kujang Kembar Sepasang dan jembatan yang akan menjadi ikon bagi Waduk Jatigede," tulisnya, dikutip Rabu (27/4/2022).

Cuitan pria yang kerap disapa Kang Emil ini mendapat perhatian warganet. Salah satu yang diperhatikan warganet adalah bangunan Masjid Al-Kamil yang disebut plagiat. Sebuah akun di Twitter membandingkan foto Masjid Al-Kamil dengan Kuil Lotus Baha'i yang ada di India.

Jika diperhatikan dari foto keduanya memang memiliki kemiripan, sama-sama berbentuk teratai. Hanya saja Masjid Al-Kamil berbentuk teratai yang mekar, sementara Kuil Lotus seperti teratai yang menguncup.

Kemudian kemiripan lainnya adalah bentuk kedua bangunan sama-sama semakin meruncing ke atas. Tapi dari segi warna bangunan berbeda. Masjid Al-Kamil berwarna dominan biru dan putih, sementara Kuil Lotus hanya berwarna putih saja.

detikcom sudah menghubungi Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman untuk mendapatkan jawaban mengenai desain Masjid Al-Kamil, tapi hanya mendapat jawaban pesan singkat bersedia untuk diwawancara. Namun ketika dihubungi tidak kunjung dijawab.


Lihat juga Video: Masjid Al-Fattah di Tulungagung yang Punya Kiswah Benang Emas

[Gambas:Video 20detik]




(ara/ara)