Beli Rumah di Cikarang, Kurang dari Setahun Harganya Naik Segini

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Minggu, 01 Mei 2022 17:30 WIB
dHouse Hunter Cikarang/Kholida Qothrunnada
Foto: d'House Hunter Cikarang/Kholida Qothrunnada
Jakarta -

Cikarang merupakan wilayah strategis yang dikelilingi kawasan industri. Wilayah yang strategis itu, memungkinkan harga jual rumah di sana di masa mendatang akan semakin melonjak.

Sales Marketing Green Pilar Asri Cikarang Jaenal, mengungkapkan nilai investasi properti di Cikarang memang terbilang menjanjikan.

"Investasi properti semakin menjanjikan di sini. Kan memang wilayahnya strategis, ya harganya juga pasti melonjak. Untuk di Cikarang sendiri, kalau saya gambarkan contoh untuk tipe Anglo di 2021 di perumahan ini, kita start diharga Rp 320 juta. Dan saat ini kurang dari 1 tahun harganya sudah meningkat naik hampir sekitar Rp 30 jutaan menjadi Rp 359 juta," ujar Jenal, kepada detikcom ditulis Rabu (27/4/2022).

Senada, Marketing Jazeera Cikarang Residence Miska juga mengatakan bahwa setiap tahunya harga properti diperkirakan bisa naik 5-10%.

"Kalau beli rumah di sini, emang pasti oke. Kan, setiap tahun properti harganya bisa naik 5 -10%. Contoh di tahun 2019, kita jual rumah tipe 30/60 sebesar Rp 377 juta dan di tahun sekarang 2022 rumah itu sudah dihargai Rp 396 juta," katanya.

Pengamat Properti Ali Tranghanda pernah mengatakan bahwa peningkatan harga properti sangat tergantung dari lokasi yang strategis, termasuk didalamnya jaringan infrastruktur baik eksisting maupun rencana.

"Arah perkembangan sebuah wilayah juga menentukan pergerakan harga yang ada," kata Ali, saat dihubungi detikcom (11/3/2022) lalu.

Senior Associate Director Research Colliers International Indonesia Ferry Salanto juga mengatakan, faktor utama peningkatan harga akan dipacu oleh aksesibilitas dan fasilitas.

"Kalau di daerah pinggiran nggak ada infrastruktur yang memadai, ya akan sulit bagi rumah itu harganya naik. Kenaikan harga juga dipicu karena tersedianya banyak fasilitas, yang bisa menunjang kehidupan masyarakat sehari-hari," ungkap Ferry.

Letaknya yang strategis didukung dengan beberapa akses dan fasilitas yang masih dalam pembangunan. Contohnya seperti tol Cilincing-Cibitung yang memang menjadi faktor pemicu kenaikan harga properti, di daerah Cikarang pada masa mendatang.

(dna/dna)