d'House Hunter

Mau Beli Rumah di Setu Bekasi? Ini Akses dan Fasilitasnya

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Minggu, 29 Mei 2022 13:00 WIB
dHouse Hunter Cikarang/Kholida Qothrunnada
Foto: d'House Hunter/Kholida Qothrunnada
Jakarta -

Lokasi strategis memang kerap menjadi incaran masyarakat untuk membeli rumah. Salah satu wilayah yang bisa dipertimbangkan untuk membeli rumah adalah Setu Bekasi. Setu Bekasi juga dekat dengan kawasan industri MM2100 dan Jababeka, yakni berkisar antara 15-25 menit. Apa saja akses dan fasilitas lainya?

Wilayah Setu Bekasi terhubung dengan tol. Akses melalui exit tol Tambun atau tol Grand Wisata ke Jalan Raya Setu, sebagai salah satu penghubung ke tol JORR 2. Bisa juga diakses melalui pintu tol Jatikarya kurang lebih 30 menit, ke tol Jatiasih, dan pintu tol Bekasi Barat.

Stasiun terdekatnya adalah stasiun Tambun maupun stasiun Bekasi. Akses untuk ke Jakarta bisa menggunakan transportasi umum seperti bus dan angkot. Namun, memang akses bus-nya harus dari Cileungsi atau kota wisata Cibubur. Untuk ke terminal Cileungsi sekitar 10 menit, di sana ada bus Mayasari Bakti. Bisa juga akses dari shuttle bus di Jonggol seperti bus Citra Indah.

Fasilitas umumnya ada RS Permata Bekasi, RS Hermina, berbagai restoran fast food, Tip Top supermarket. Untuk akses yang wilayahnya dekat Cileungsi, maka pilihannya bisa ke Superindo Limus, Metropolitan Mal Cileungsi, RS Thamrin, RS Mary. Untuk sekolahan terdekat ada sekolah Teratai Putih, SMKN 2 Bekasi, SMPN 31 Bekasi, SMPN 3 Cileungsi, hingga SDN Cinyosog 02.

Jika berbicara soal banjir, memang ada beberapa titik yang rawan banjir. Namun, kebanyakan perumahan rumah komersil di sana juga sudah menyediakan danau resapan maupun pompa air. Tujuannya agar banjir cepat surut.

Marketing Grand Residence City, Idam mengatakan bahwa perumahan Grand Residence City sudah menyiapkan danau untuk antisipasi banjir.

"Memang sekitar 2 tahun lalu, bagian belakang perumahan sempat terdampak, karena kebetulan di sekitar situ juga ada pembangunan. Namun, semenjak itu sampai sekarang perumahan kita sudah maksimal, yakni menyediakan 3 danau retensi atau resapan yang bisa menyerap air. Supaya nggak banjir, jadi dipastikan sudah aman," ujar Idam kepada detikcom, Rabu (25/5/2022)

Tim d'House Hunter melihat jalan utama seperti Jl Raya Narogong memang lumayan besar. Tapi, ada beberapa jalan juga yang tidak terlalu lebar. Kondisi jalan memang terlihat cukup baik, tidak banyak ditemukan lobang-lobang besar di sekitarnya.

Namun, memang akan ada banyak truk-truk pembawa produksi dari wilayah Industri yang melewati jalan di wilayah sekitar Setu Bekasi. Hal ini dikarenakan, jalan di sana menjadi salah satu akses menuju kawasan MM2100.

Hal itu juga yang dirasakan oleh salah satu warga di sana bernama Andre Iskandar. Ia mengungkapkan memang hampir setiap hari, melihat pemandangan truk yang lalu lalang di jalan tersebut.

"Saya sudah tinggal di daerah Setu ini lumayan lama, sekitar 7 tahunan. Pemandangan truk-truk di jalan udah biasa, jadi makanan sehari-hari. Kan, emang akses jalan mereka dari kawasan industri dari sini juga. Kadang, ya harus sabar aja berdampingan di jalan sama truk," ungkapnya saat berbincang dengan detikcom.



Simak Video "Beli Rumah Seharga Satu Piring Nasi Goreng, Mau?"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)