Proyek IKN Mulai Digeber Semester II-2022, Ini yang Digarap

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 03 Jun 2022 20:18 WIB
Pekerja menyelesaikan pembuatan prasasti bergambar peta Indonesia di titik nol kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (19/4/2022). Prasasti tersebut dibangun di atas tanah dan air dari 34 provinsi di Indonesia yang telah disatukan. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/wsj.
Foto: Biro Pers Setpres: Kepala Otorita IKN Bambang Susantono
Jakarta -

Pemerintah memulai proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur pada semester II tahun ini. Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susanto mengatakan pekerjaan fisik di lapangan akan dimulai segera.

Paling pertama, di semester 2 tahun ini pekerjaan IKN dimulai untuk pematangan tanah. Setelah selesai urusan tanah, infrastruktur akses ke proyek IKN mulai dibangun. Seperti misalnya untuk akses logistik.

"Seperti kita ketahui bersama, kita mulai fokus untuk pelaksanaan. Kami harapkan nanti pada paruh kedua 2022 ini akan dimulai beberapa pengerjaan di lapangan. Khususnya yang menyangkut pematangan tanah atau land development," kata Bambang setelah melakukan rapat di Istana Negara disiarkan secara virtual via YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (3/6/2022).

"Kemudian akses-akses yang penting. Seperti akses logistik, kemudian beberapa jalur-jalur untuk ke infrastruktur juga kita buat," lanjutnya.

Bambang menyatakan tahun ini pematangan tanah, pembuatan pemukiman sementara pekerja proyek, dan pembangunan jalan akses ke proyek IKN jadi fokus pembangunan. Kemudian, di 2023 baru lah pembangunan dalam skala besar dilakukan di IKN.

"Bapak Presiden telah memberikan arahan pelaksanaan dan perencanaan agar lebih dimatangkan lagi. Khususnya perencanaan untuk multisektor," ungkap Bambang.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik