Pemerintah Gelar Sayembara Desain Gedung di IKN, Ini Hasilnya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 08 Jun 2022 22:15 WIB
Desain Bangunan IKN Disebut Mirip Gedung Parlemen Canberra
Foto: Dok. Akun Twitter Kementerin PUPR
Jakarta -

Ibu kota negara (IKN) baru akan dibangun secara bertahap hingga tahun 2045. Konsep utama IKN adalah Future Smart Forest City of Indonesia alias kota hutan masa depan sehingga tetap memperhatikan aspek lingkungan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pun menggelar proses Sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangunan Gedung di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara untuk Kompleks Istana Wakil Presiden, Kompleks Perkantoran Legislatif, Kompleks Perkantoran Yudikatif, serta Kompleks Peribadatan.

Proses penjurian pertama sudah dilakukan dengan hasil evaluasi berupa beberapa konsep perancangan dengan penilaian terbaik. Sebanyak 246 konsep dari para pendaftar sayembara sejak 28 Maret 2022 lalu telah disaring menjadi 3 karya dari masing-masing kategori dengan hasil penilaian terbaik.

Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti mengatakan setelah terpilih 3 peserta dengan penilaian terbaik, tahap selanjutnya adalah Presentasi Nominator dan penjurian tahap dua bagi peserta nominasi untuk pemeringkatan pemenang.

"Sayembara ini dilaksanakan dalam rangka mengisi urban desain development yang pada tahun 2019 lalu sudah kita laksanakan sayembaranya. Nantinya pemenang sayembara ini akan ditetapkan oleh Menteri PUPR," kata Diana Kusumastuti dalam keterangannya, Rabu (8/6/2022).

Tiga desain terbaik yang akan terpilih harus memenuhi kriteria konsep perancangan kawasan dan bangunan di IKN Nusantara di antara memenuhi key performance indicator (KPI) terkait bangunan gedung yang telah ditetapkan dalam Dokumen Urban Design Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) - IKN.

Bersambung ke halaman selanjutnya.