ADVERTISEMENT

Airlangga dan Hary Tanoe Bahas Proyek Raksasa di Lido, Ini Hasilnya

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 30 Jun 2022 23:37 WIB
MNC Group diketahui tengah mengembangkan dua wilayah destinasi hiburan MNC Lido City dan MNC Bali Resort. Total nilai investasinya mencapai US$ 1,7 miliar atau sekitar Rp 23,8 triliun (kurs Rp 14.000).
Foto: Dok. Biro KLIP Kemenko Perekonomian
Jakarta -

Pemerintah mendorong pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah. Salah satunya adalah KEK Lido, Bogor Jawa Barat yang sedang dalam proses pembangunan.

Lantas, bagaimana progres pembangunan KEK Lido?

"Tadi dibahas progres KEK Lido, antara lain tentang penguasaan lahan yang sudah 80%, kemudian akses jalan dan infrastruktur hampir lengkap, yang ditargetkan sebagian fasilitas dapat beroperasi pada akhir tahun nanti. Dengan demikian, evaluasinya ini sudah dalam tahap siap beroperasi," jelas Menko Airlangga usai memimpin rapat pembahasan KEK Lido, dalam keterangan tertulis Kamis (30/6/2022).

Keberadaan KEK Lido di Pulau Jawa menjadi nilai lebih, sehingga diharapkan dapat memenuhi target investasi lima tahun senilai US$1,8 miliar atau Rp26,64 triliun. Pada tahun pertama nilai investasi pembangunan kawasan dan pelaku usaha telah terealisasi Rp2,07 triliun atau 7,77% dari total nilai investasi. KEK Lido juga diharapkan dapat memenuhi target lima tahun tersebut dengan menyerap tenaga kerja hingga mencapai 21.154 orang, dimana saat ini sudah terserap sebanyak 1.192 tenaga kerja.

"Kegiatan seperti ini akan menyerap tenaga kerja yang besar, terutama di theme park dan sarana hospitality lainnya, kemudian sedang dibangun data center. Hal ini akan mendorong kegiatan industri kreatif, termasuk movieland. Kami berharap banyak produk kreatif dihasilkan dari sana," kata Airlangga yang juga Ketua Dewan Nasional KEK.

Saat ini, di areal KEK Lido juga sedang dibangun beberapa proyek besar seperti Lido Hotel and Resort Extension, golf course, golf club, movieland, theme park, music and art center, serta infrastruktur dan sarana-prasarana lainnya. Untuk World Championship 18-holes golf course dan Lido Music and Arts Centre ditargetkan selesai pada akhir 2022. Keseluruhan proyek ini memiliki nilai realisasi investasi sebesar Rp 7,2 triliun apabila sudah 100% terbangun.

Airlangga berpesan agar KEK Lido melakukan percepatan pembangunan sehingga menarik investor dan berperan pada pemulihan ekonomi pasca pandemi melalui kegiatan pariwisata. Dengan lokasi premium dan menyajikan fasilitas prima, KEK Lido diharapkan akan mampu menghadirkan wisatawan premium atau menengah ke atas.

Penjelasan Hary Tanoe di halaman berikutnya. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT