ADVERTISEMENT

Kementerian ATR Siapkan Kantor BPN yang Bakal Buka Sabtu dan Minggu

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 02 Jul 2022 22:30 WIB
Pemerintah bagi-bagi sertifikat tanah di Blitar
Pemerintah bagi-bagi sertifikat tanah di Blitar/Foto: Erliana Riady/detikcom
Jakarta -

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) tengah mempersiapkan Kantor BPN di daerah yang akan membuka layanan Sabtu dan Minggu. Hal ini berkaitan dengan perintah Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto baru-baru ini.

Rencana dibukanya layanan Kantor BPN pada hari libur untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang mengurus sertifikat tanah sendiri.

"Akan dibuka layanan untuk Sabtu dan Minggu khusus untuk layanan tanpa surat kuasa atau mengurus sendiri miliknya. Kantah mana saja sekarang kementerian sedang menyusunnya, jika sudah ada edarannya akan di-publish," Kepala Biro Humas Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati kepada detikcom, Sabtu (2/7/2022).

Kemudian, berkaitan dengan layanan untuk masyarakat yang akan mengurus urusan pertanahan sendiri, Kementerian ATR/BPN akan membuat loket khusus atau prioritas.

"Masyarakat yang mengurus tanah tanpa surat kuasa atau pemilik sendiri. Untuk itu akan dibuatkan loket khusus atau loket prioritas, bila perlu dikasih karpet merah untuk membedakan dengan yang lain," ujarnya.

Yulia menambahkan, saat ini sudah ada beberapa kantor BPN yang sudah mempunyai loket prioritas seperti kantor pertanahan Kota Bandung hingga satu di Surabaya dan beberapa lainnya.

Rencana ini merupakan lanjutan dari imbauan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto yang berharap masyarakat mengurus sendiri permohonannya terkait pertanahan. Menurutnya dengan mengurus sendiri atau tidak menggunakan calo bisa memberantas mafia tanah.

Untuk meningkatkan layanan terhadap masyarakat, Hadi pun telah meminta Kantor BPN agar buka juga selama Sabtu dan Minggu. Hal ini dikatakan Hadi ketika berkunjung Kantor Pertanahan Kota Surabaya II, pada Jumat (01/07).

"Sudah memberikan arahan kepada Kepala Kantah untuk menyediakan loket prioritas bagi masyarakat yang mengurus sendiri permohonannya serta membuka layanan pada hari Sabtu dan Minggu," katanya dalam keterangan tertulis.

(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT