ADVERTISEMENT

Butuh Gaji Berapa buat Cicil Rumah di Jakarta?

Ilyas Fadilah - detikFinance
Rabu, 06 Jul 2022 19:15 WIB
Real estate or property investment. Home mortgage loan rate. Saving money for retirement concept. Coin stack on international banknotes with house model on table. Business growth background
Foto: Getty Images/iStockphoto/Zephyr18

Perencana keuangan Andy Nugroho berpendapat, orang bergaji Rp 5 juta bisa cicil rumah di Jakarta atau kota di sekitarnya.

Namun, Andy mengingatkan jika harga rumah di Jakarta sangat tinggi. Opsi yang bisa diambil adalah hunian dengan lokasi yang kurang strategis, dan ukurannya yang terbatas.

kemudian, dia mengatakan bahwa bisnis properti di Jakarta memiliki banyak kompromi.

"Misalnya, orang kantornya di Kuningan, pengen punya rumah radiusnya 5 km tapi dananya terbatas, misalnya Rp 300-500 juta. Pilihannya ya rumah di gang atau apartemen subsidi. tapi masalahnya dia mau nggak?," kata Andy kepada detikcom, Rabu (6/7/2022).

Menurutnya, masyarakat yang ingin tinggal di Jakarta namun dengan dana terbatas harus mengorbankan rasa nyamannya. Namun, bila ingin membeli rumah dengan modal Rp 300-500 jutaan dan tetap nyaman, alternatifnya membeli rumah di kota sekitar Jakarta.

"Cari rumah seharga Rp 300 juta atau lebih di Jakarta ukuran 4x5, mobil bisa masuk, udah langka banget. Artinya kalau mau harga segitu tapi nyaman, pilihannya ke pinggiran kota Jakarta," ujarnya.

Andy memberi simulasi orang bergaji Rp 5 juta yang ingin menyicil rumah. Minimal harus ada dana 30% yang disisihkan dari gaji bulanan.

Artinya, dengan gaji Rp 5 juta maka orang tersebut perlu menyisihkan Rp 1,5 juta untuk mencicil rumah. Cicilan tersebut baru bisa lunas sekitar 20 tahunan.



Simak Video "Rumah atau Nikah, Ini Jawaban Vidi Aldiano "
[Gambas:Video 20detik]

(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT