ADVERTISEMENT

Kaveling Istana Presiden di IKN Nusantara Tersedia Agustus 2022

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Jumat, 08 Jul 2022 22:00 WIB
Pekerja mengoperasikan alat berat di dekat patok titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). Titik nol itu merupakan satu referensi atau patokan untuk menghitung tingkat ketinggian bangunan di atas permukaan laut, Pemerintah pusat melalui Kasatgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN PUPR Imam Santoso Ernawi menyampaikan pembangunan fisik IKN Nusantara akan dimulai pada awal Semester II 2022. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/wsj.
Foto: ANTARA FOTO/BAYU PRATAMA S: Pengembangan kawasan IKN Nusantara
Jakarta -

Pengembangan lahan untuk kawasan inti pemerintahan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur akan dimulai pada Agustus 2022. Hal itu disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Kawasan inti pemerintahan yang dimaksud meliputi Istana Presiden, Istana Wakil Presiden, dan gedung-gedung kementerian/lembaga. Basuki menjelaskan pada 15 Juli pekan depan akan dilakukan penandatanganan kontrak untuk proses pengembangan lahan di IKN.

Dengan begitu, pemetaan lahan hasil land development sudah tersedia pada Agustus 2022.

"Land development itu hasilnya kaveling, pengkavelingan, ini kementerian apa, istana, ini (istana) Wapres. Jadi jika Presiden (Joko Widodo) ke sana, sudah memberi perintah, untuk membuat rumah sakit, atau buat apa, di (kavling) sini," tutur Basuki, dikutip dari Antara, Jumat (08/07/2022).

Selain pemetaan lahan, pembangunan jalan akses utama ke IKN dari Jalan Tol Balikpapan juga akan mengalami progres pada akhir bulan ini.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan pembangunan IKN telah resmi dimulai. Ia mengungkapkan pembangunan ibu kota baru ditandai dengan sejumlah proyek infrastruktur. Proyek tersebut antara lain Bendungan Sepaku Semoi dan Persemaian Mentawir.

"Adanya bendungan ini menunjukkan pembangunan basic di infrastruktur sudah mulai. Juli nanti, pembangunan jalan utama dari jalan tol Balikpapan juga dimulai," kata Jokowi di IKN Nusantara, Rabu (22/06/2022).

Tahapan pembangunan IKN Nusantara di halaman berikutnya. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT