ADVERTISEMENT

Jokowi Bakal Pantau Ketat Pembangunan IKN, 3 Bulan Sekali Cek ke Lapangan

Kanavino Ahmad Rizqo - detikFinance
Senin, 11 Jul 2022 14:16 WIB
Presiden Jokowi dan gubernur se-Indonesia melakukan prosesi penyatuan tanah dan air di IKN Nusantara. Penyatuan air dan tanah ini digelar di titik nol IKN Nusantara, Senin (14/3).
Momen Jokowi dan Gubernur Satukan Tanah-Air di IKN Nusantara/Foto: Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan bangunan dasar ibu kota negara (IKN) selesai pada 2024. Pembangunan IKN akan dimulai tahun ini diawali dengan penandatanganan kontrak pengembangan lahan.

Menurut Basuki, Jokowi bakal memantau ketat pembangunan IKN. Dia menyebutkan tiga bulan sekali Jokowi bakal meninjau langsung ke lapangan melihat progres pembangunan di IKN.

Bukan cuma meninjau, Basuki menyatakan peninjauan rutin yang dilakukan tiga bulan sekali dilakukan untuk meyakinkan semua pihak bahwa IKN sedang dibangun.

"Mungkin tiga bulan sekali beliau akan ke sana (proyek IKN) untuk beri semangat dan menghangatkan terus supaya orang yakin kita mau pindah," kata Basuki kepada wartawan di Istana Presiden, Jakarta Pusat, Senin (10/7/2022).

Basuki sempat ditanya, apakah Jokowi akan melakukan seremoni groundbreaking pembangunan proyek IKN tahun ini atau tidak. Dia bilang belum ada kabar lanjutan dari Jokowi soal hal tersebut.

"Saya kurang tahu, karena presiden biasanya nggak ingin groundbreaking pokoknya kalau sudah jalan, ya jalan. Nanti beliau meninjau. Kalau beliau mau groundbreaking nanti kita siapkan," ujar Basuki.

Yang jelas, pada 15 Juli mendatang kontrak pembangunan mulai diteken bersama para kontraktor. Pengerjaan yang pertama kali adalah pengembangan lahan. Lahan di IKN akan diproses sedemikian rupa agar bisa dikembangkan untuk membangun kawasan baru.

"Dari 15 Juli ini, land development sudah tanda tangan kontrak," ujar Basuki.

Kemudian pada Agustus bakal dibangun kompleks hunian sementara bagi para pekerja di IKN. Basuki bilang jumlahnya ada sekitar 200.000-an orang.

Pengerjaan akan meluas dengan pembangunan jalan akses, baik jalan nasional maupun jalan tol. Salah satunya akan ada perbaikan jalan nasional dari arah jembatan Pulau Balang menuju kawasan IKN.

Setelah pengerjaan jalan selesai, pembangunan dilanjutkan dengan pembangunan empat kantor Kementerian Koordinator alias Kemenko. Nah, kalau dilihat skala prioritasnya, Basuki menjelaskan bangunan yang akan dibangun adalah Istana Presiden dan Wakil Presiden, Kantor Kemenko, Gedung DPR, dan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK).

Simak Video: Jokowi Minta Polri Kawal Pembangunan IKN hingga Pemilu 2024

[Gambas:Video 20detik]




(hal/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT