ADVERTISEMENT

Istana Wakil Presiden Dibangun Pertama di IKN, Bangunan Lain Gimana?

Ilyas Fadilah - detikFinance
Senin, 18 Jul 2022 20:00 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur, Rabu (22/6). Jokowi tampak meninjau IKN bersama Ketua DPR RI Puan Maharani.
Momen Jokowi Tinjau Pembangunan IKN Nusantara/Foto: Dok. Laily Rachev-Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur mulai dikerjakan tahun ini. Pembangunan IKN ditargetkan selesai pada tahun 2024.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti menjelaskan rentang waktu pembangunan IKN. Diana menyebut kawasan titik nol IKN Nusantara telah ditutup per Jumat, 1 Juli 2022 terkait persiapan pembangunan.

"Jadi bulan ini lah kita akan mulai land development-nya. Ya jadi kalau dibangun harus ditutup," kata Diana di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Senin (18/7/2022).

Diana menyebut akan memprioritaskan pembangunan kompleks istana Wakil Presiden. Prioritas yang kedua adalah komplek peribadatan, dan yang ketiga antara yudikatif dan legislatif.

Kementerian PUPR akan menggabungkan desain antara dua pemenang, yaitu Huma Betang Umai dan Istana Kerakyatan. Hal tersebut juga dilakukan untuk kompleks legislatif dan peribadatan, di mana masing-masing desain tidak memiliki satu pemenang tunggal.

Kompleks peribadatan dimenangkan oleh tiga karya, yaitu Akur Rukun, Cahaya Batang Haring Nusantara, dan Humanity Beyond Religion. Sementara kompleks legislatif dimenangkan oleh Sasana Swara Nusantara dan Rajut Swara Indonesia, dan juara ketiga Lingkar Demokrasi.

Kementerian PUPR memberikan hadiah kepada pemenang sayembara dengan nominal Rp 100 juta kepada juara 3, Rp 250 juta kepada juara dua, dan Rp 500 juta untuk juara 1.

Diana menjelaskan butuh waktu satu hingga dua bulan untuk mengambil keputusan. Sementara proses pelelangan akan dilakukan bersama-sama.

"Kalau untuk bangunan-bangunan yang sudah kita bangun memang baru istana yang sudah kita lelangkan. untuk yang sayembara ini, yang akan kami prioritaskan istana wapres terlebih dahulu," ujarnya.

Berapa dana buat bangun IKN? Cek halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT