ADVERTISEMENT

Mafia Tanah Gentayangan, Ini Tips buat Menghindarinya

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 19 Jul 2022 15:11 WIB
Mafia Tanah
Foto: Mafia Tanah (M Fakhry Arrizal/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya mencatat ada 30 tersangka mafia tanah yang terungkap dari laporan warga sejak 2020. Mereka memiliki sederet jurus licik demi menyerobot tanah warga.

Mereka disebut mafia karena memang melibatkan banyak pihak dalam menjalankan aksinya. Mulai dari oknum pegawai kemacetan, kelurahan hingga Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Tapi jangan takut, modus-modus para mafia tanah juga bisa ditangkal. Kementerian ATR/BPN pernah memberikan tips agar tidak jadi korban mafia tanah.

Eks Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil pernah memberikan tips agar terhindar dari komplotan mafia tanah pada pemberitaan 11 Februari 2022. Saat itu dia memberikan tips agar tidak seperti yang dialami ibunda eks Wakil Menteri Luar Negeri, Dino Patti Djalal.

Pertama, masyarakat dilarang keras memberikan sertifikat tanah kepada siapa pun. Sebab, hal itu dapat membuka potensi tindak penipuan oleh mafia tanah.

"Jangan pernah kasih sertifikat ke orang deh. Jangan pernah kasih sertifikat, kalau misalnya Anda tidak yakin dengan siapa berhubungan," kata Sofyan.

Kedua, masyarakat diminta lebih selektif dalam menggunakan jasa notaris atau pejabat pembuat akta tanah (PPAT). Antara lain dengan mempertimbangkan reputasi notaris tersebut.

"Kalau kau jual (tanah) pastikan dulu bahwa notaris itu dikenal. Dikenal reputasinya gitu," sebutnya.

Tips terakhir, masyarakat diminta aktif untuk mendampingi notaris yang telah ditunjuk. Termasuk melakukan pengecekan bersama hingga ke kantor BPN. "Kalau tidak kenal reputasinya tolong di dampingi. Kemudian, pengecekan ke BPN bisa bersama gitu," ungkapnya.

Ketiga cara tersebut memang dinilai cukup merepotkan untuk dilakukan. Namun, langkah itu dinilai efektif untuk terhindar dari jerat penipuan mafia tanah.

"Memang agak merepotkan, tapi jauh lebih aman. Ini kenapa sertifikat elektronik kita mau coba? Supaya jauh lebih mudah, jauh lebih aman," tutupnya.



Simak Video "Gebrakan Hadi Tjahjanto Bongkar Mafia Tanah Tahun 2019 di Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT